KONSTRUKSI REALITAS DALAM BERITA POLITIK DI MEDIA CETAK LOKAL

PRATIWI, LUVITA ESKA (2010) KONSTRUKSI REALITAS DALAM BERITA POLITIK DI MEDIA CETAK LOKAL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (495Kb)

    Abstract

    LUVITA ESKA PRATIWI, D0205089, Konstruksi Realitas dalam Berita Politik di Media Cetak Lokal (Studi Analisis Wacana terhadap Teks Berita Seputar Kampanye SBY-Boediono pada Pilpres 2009 di Harian Umum Solopos Periode 1 Juni 2009 – 4 Juli 2009) Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2010. Kampanye merupakan fenomena sosial yang menjadi pengiring wajib dalam proses penyelenggaraan Pilpres/Pemilu. Kampanye pada dasarnya merupakan metode dan teknis komunikasi politik dalam rangka menyampaikan visi-misi tertentu untuk meraih dukungan dalam sebuah pemilihan. Tujuannya untuk mempengaruhi sikap politik publik agar dapat menjatuhkan pilihan politiknya pada yang bersangkutan secara rasional dan obyektif. Kampanye beserta fenomena-fenomena yang menyertainya, merupakan sebuuah reatitas sosial yang menarik untuk dijadikan bahan pemberitaan. Dalam kenyataanya, realitas sosial memiliki makna ketika dikonstruksi dan dimaknakan secara subjektif oleh orang lain sehingga memantapkan realitas tersebut secara objektif. Demikian halnya proses konstruksi realitas yang dilakukan oleh media, dimana proses tersebut merupakan usaha “menceritakan” sebuah peristiwa atau keadaan. Realitas tersebut tidak serta merta melahirkan berita, melainkan melalui proses interaksi antara penulis berita, dengan fakta (konstruksi realitas). Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan menggunakan analisis wacana yang mengadopsi model wacana Teun A van Dijk, terhadap teks berita seputar kampanye SBY-Boediono pada Pilpres 2009 di Harian Umum Solopos Periode 1 Juni – 4 Juli 2009. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui konstruksi realitas sosial yang dibentuk dalam teks berita seputar Kampanye SBY-Boediono dalam Pilpres 2009 di harian tersebut. Analisis wacana melihat bagaimana pesan-pesan diorganisasikan, digunakan dan dipahami. Dengan mengadopsi elemen analisis Teun Van Dijk, penelitian ini menyimpulkan bahwa konstruksi realitas sosial yang dibentuk dalam teks berita seputar Kampanye SBY-Boediono dalam Pilpres 2009 di Harian Umum Solopos Periode 1 Juni 2009 – 4 Juli 2009 menghasilkan 3 wacana, yaitu (1) Capres-Cawapres SBY-Boediono mengacuhkan peringatan dari KPU dengan tetap melakukan serangkaian kegiatan bernuansa kampanye, di luar jadwal kampanye yang telah ditentukan. (2) Bawaslu bersikap tegas, sedangkan Kepolisian justru dinilai kurang tegas dan kurang jeli dalam menangani kasus pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh Capres-Cawapres SBY-Boediono pada Pilpres 2009. (3) SBY sebagai sosok yang masih populer dan tipe pemimpin santun yang masih didambakan oleh rakyat, menjanjikan program-program pro-rakyat dan program-program pembangunan infrastruktur untuk menarik dukungan masyarakat Solo dalam Pilpres.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Users 844 not found.
    Date Deposited: 18 Jul 2013 16:21
    Last Modified: 18 Jul 2013 16:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6197

    Actions (login required)

    View Item