TERPAAN MEDIA BILLBOARD ELEKTRONIK DAN PERSEPSI CITRA (Studi Deskriptif Kuantitatif Terpaan Media Iklan Billboard Elektronik dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Brand Image Produk & Corporate Image PT. Djarum di Kalangan Siswa-Siswi SMA Negeri 4 Surakarta Angkatan 2008-2010)

Nurminingsih, Citra (2010) TERPAAN MEDIA BILLBOARD ELEKTRONIK DAN PERSEPSI CITRA (Studi Deskriptif Kuantitatif Terpaan Media Iklan Billboard Elektronik dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Brand Image Produk & Corporate Image PT. Djarum di Kalangan Siswa-Siswi SMA Negeri 4 Surakarta Angkatan 2008-2010). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (973Kb)

    Abstract

    CITRA NURMININGSIH, D0206043, TERPAAN MEDIA BILLBOARD ELEKTRONIK DAN PERSEPSI CITRA (Studi Deskriptif Kuantitatif Terpaan Media Iklan Billboard Elektronik dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi Persepsi Siswa-Siswi SMA Negeri 4 Surakarta Angkatan 2008-2010 Mengenai Brand Image Produk & Corporate Image PT. Djarum ) Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2010. Skripsi ini berawal dari ketertarikan peneliti pada billboard elektronik sebagai media iklan luar ruang yang digunakan PT.Djarum. Perusahaan rokok nasional tersebut memanfaatkan papan reklame digital dengan biaya pemasangan dan investasi teknologi yang relatif mahal. Billboard elektronik merupakan media yang mampu membawa iklan yang biasa dikonsumsi di ruang pribadi dibawa ke ranah publik. Iklan-iklan yang ditampilkan pun sama seperti iklan-iklan yang ada di televisi. Untuk itu peneliti berusaha menghimpun tanggapan dan penilaian dari responden yakni siswa siswi SMA Negeri 4 Surakarta angkatan 2008-2010 mengenai persepsi akan billboard elektronik, brand image produk dan corporate image PT.Djarum setelah diterpa media iklan tersebut. Siswa-siswi sekolah menengah atas dipilih sebagai responden dengan alasan bahwa remaja usia belasan menjadi calon pembeli potensial. Dan didukung oleh kedekatan lokasi media iklan dan aktivitas responden, yang memungkinkan terjadinya terpaan media secara rutin. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif yang hanya memaparkan situasi dan peristiwa. Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif kuantitaif. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan simple random sampling, yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Penelitian ini mengambil sampel siswa-siswi SMA Negeri 4 Surakarta angkatan 2008-2010 yang berjumlah 91 orang. Penelitian ini menggunakan tiga variabel independen yaitu faktor struktural, faktor fungsional, dan terpaan media iklan billboard elektronik. Serta variabel dependen yaitu persepsi siswa-siswi SMA Negeri 4 Surakarta angkatan 2008-2010 terhadap brand image dan corporate image PT.Djarum. Tabulasi data menggunakan SPSS Windows 15. Dari hasil penelitian didapatkan data bahwa responden memiliki persepsi baik terhadap brand image produk dan corporate image PT.Djarum, setelah mendapatkan terpaan media iklan billboard elektronik. Namun, responden mengaku berusaha menghindari produk rokok karena adanya pengaruh dan larangan dari orang-orang sekitar, seperti keluarga. Media billboard elektronik dinilai sebagai media iklan yang bonafide dan mampu memberikan citra positif terhadap PT.Djarum. Akan tetapi, billboard elektronik belum mampu memberikan informasi yang maksimal tentang produk rokok bagi responden, karena iklan yang diperlihatkan memiliki durasi yang lama.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Ardhi Permana Lukas
    Date Deposited: 18 Jul 2013 16:18
    Last Modified: 18 Jul 2013 16:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6195

    Actions (login required)

    View Item