PROSEDUR PEMUNGUTAN PAJAK HOTEL DI KANTOR DINAS PERDAGANGAN DAN PERPAJAKAN DAERAH KABUPATEN SRAGEN

ANGGRAWATI, SHELIN LURA (2011) PROSEDUR PEMUNGUTAN PAJAK HOTEL DI KANTOR DINAS PERDAGANGAN DAN PERPAJAKAN DAERAH KABUPATEN SRAGEN. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (794Kb)

    Abstract

    Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara pelaksanaan pemungutan pajak hotel yang dilakukan oleh DP2D Kabupaten Sragen, dan untuk mengetahui apakah pemungutan pajak hotel yang dilakukan DP2D Kabupaten Sragen sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Metode pengamatan yang digunakan adalah metode deskriptif. Lokasi pengamatan berada di Kantor DP2D Kabupaten Sragen tepatnya Jl. Raya Sukowati No. 363 Sragen. Sumber data berasal dari nara sumber (informan), dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan arsip. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa dalam penerapan prosedur pemungutan pajak hotel pada DP2D Kabupaten Sragen sudah bagus yaitu adanya suatu kerjasama dari bebagai bagian, sehingga dapat mengurangi adanya kesalahan atau kecurangan yang mungkin terjadi. Tata cara pemungutan pajak hotel yang dilakukan oleh DP2D Kabupaten Sragen dilapangan sebagian besar sudah sesuai dengan Perda Kabupaten Sragen Nomor 3 Tahun 2003 tentang Pajak Hotel, akan tetapi pemungutan pajak hotel di Kabupaten Sragen belum bisa maksimal. Hal tersebut dikarenakan sikap wajib pajak hotel yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kurangnya kesadaran wajib pajak hotel dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. Sehingga DP2D Kabupaten Sragen melakukan pemungutan pajak hotel secara jemput bola, yaitu dengan cara mendatangi wajib pajak yang memiliki objek pajak hotel di Wilayah Kabupaten Sragen, setelah itu wajib pajak diminta untuk mengisi SPTPD dengan jelas, benar, dan lengkap serta ditanda tangani oleh wajib pajak atau kuasanya. Hal ini mengakibatkan penambahan personil, biaya, dan tersitanya waktu untuk memungut pajak dari wajib pajak. Sehingga pemungutan pajak tidak bisa dilaksanakan secara maksimal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Users 854 not found.
    Date Deposited: 18 Jul 2013 15:53
    Last Modified: 18 Jul 2013 15:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6154

    Actions (login required)

    View Item