UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS XI IS 4 SMA N 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Penelitian Tindakan Kelas)

Pujiarti, Puput (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS XI IS 4 SMA N 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Penelitian Tindakan Kelas). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (960Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi untuk siswa kelas XI IS 4 SMA Negeri 1 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan strategi siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IS 4 SMA Negeri 1 Karanganyar yang berjumlah 32 siswa. Obyek penelitian pada penelitian tindakan ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1) identifikasi masalah, (2) persiapan, (3) penyusunan rencana tindakan, (4) implementasi tindakan, (5) pengamatan, dan (6) penyusunan laporan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, dan (4) analisis dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, alokasi waktu masing-masing pertemuan 5 x 45 menit dan 4 x 45 menit. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar akuntansi siswa melalui penggunaan metode Tutor Sebaya. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) partisipasi siswa dalam diskusi kelas pada saat presentasi menunjukkan peningkatan 28,12% dari 56,25 % atau 18 siswa pada siklus I menjadi 84,37 % atau 27 siswa. (2) Partisipasi siswa pada diskusi kelompok meningkat sebesar 15,62% dari 68,75% pada siklus I menjadi 84,37% pada siklus II, (3) Dalam ketelitian dan ketepatan menyelesaikan soal meningkat sebesar 21,87% dari 20 siswa (63,50%) menjadi 27 siswa (84,37%) (4) Adanya peningkatan pencapaian hasil belajar siswa sebesar 9,38% dari 78,12% atau 25 siswa menjadi 87,50% atau 28 siswa. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru melakukan beberapa upaya, antara lain: (1) Penerapan metode Tutor Sebaya, (2) Guru membuat Rencana Pembelajaran terlebih dahulu sebelum mengajar sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung terarah dan terprogram, (4) Guru melakukan evaluasi setelah pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi baik dari domain kognitif, afektif maupun psikomotorik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 18 Jul 2013 07:35
    Last Modified: 18 Jul 2013 07:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6107

    Actions (login required)

    View Item