PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DAN METODE INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI (MODIFIED FREE INQUIRY) DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DAN SIKAP ILMIAH SISWA (Studi Kasus Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Semester I Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngawi Tahun Pelajaran 2010/2011)

Rahayu, Sri (2011) PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DAN METODE INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI (MODIFIED FREE INQUIRY) DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DAN SIKAP ILMIAH SISWA (Studi Kasus Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Semester I Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngawi Tahun Pelajaran 2010/2011). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (938Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh penggunaan metode Inkuiri Terbimbing dan metode Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh motivasi berprestasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar, 3) pengaruh sikap ilmiah tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar, 4) interaksi antara metode Inkuiri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa, 5) interaksi antara metode Inkuiri dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa, 6) interaksi antara motivasi berprestasi dan sikap ilmiah siswa terhadap prestasi belajar siswa, 7) interaksi antara metode Inkuiri , motivasi berprestasi, dan sikap ilmiah siswa terhadap prestasi belejar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngawi tahun pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian menggunakan sampel acak mengambil 2 kelas. Kelas pertama diberi pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing dan kelas kedua diberi pembelajaran dengan metode inkuiri bebas termodifikasi. Teknik pengumpulan data variabel prestasi belajar kognitif digunakan metode tes tertulis, prestasi belajar psikomotor digunakan tes unjuk kerja, motivasi berprestasi, sikap ilmiah, dan prestasi belajar afektif digunakan metode angket. Hipotesis menggunakan Anava tiga jalan 2x2x2, dengan sel tidak sama dan General Linear Model. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) pengaruh metode Inkuiri terbimbing lebih baik dari pada inkuiri bebas termodifikasi terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh motivasi berprestasi tinggi lebih baik dari pada motivasi berprestasi rendah terhadap prestasi belajar, 3) pengaruh sikap ilmiah tinggi lebih baik daripada sikap ilmiah rendah terhadap prestasi belajar, 4) tidak ada interaksi antara metode Inkuiri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar, 5) tidak ada interaksi antara metode Inkuiri dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar, 6) tidak ada interaksi antara motivasi berprestasi dan sikap ilmiah siswa terhadap prestasi belajar, tidak ada interaksi antara metode Inkuiri, motivasi berprestasi dan sikap ilmiah siswa terhadap prestasi belajar Aspek psikomotor ada interaksi antara metode Inkuiri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar, sedangkan untuk aspek afektif ada interaksi antara motivasi berprestasi dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 18 Jul 2013 06:36
    Last Modified: 18 Jul 2013 06:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6081

    Actions (login required)

    View Item