Penggunaan Website Tjokrosuharto Arts and Crafts Sebagai Komunikasi Pemasaran

NASUTION, NURRITA RATNA JUWITA (2011) Penggunaan Website Tjokrosuharto Arts and Crafts Sebagai Komunikasi Pemasaran. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (843Kb)

    Abstract

    Website Tjokrosuharto.com merupakan sarana media informasi, publikasi perusahaan dan promosi bagi Tjokrosuharto Arts and Crafts. Maksud komunikasi pemasaran melalui website diarahkan secara spesifik untuk membangun sumber-sumber Online serta kegiatan Online guna mencapai target peraihan pangsa pasar yang lebih luas. Keberadaan website ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi konsumen Toko Tjokrosuharto memperoleh informasi produk dan kemudahan bertransaksi tanpa harus berkunjung secara langung, menawarkan efisiensi serta pelayanan yang terbaik bagi kepuasan konsumen. Penelitian dilaksanakan di Tjokrosuharto Arts and Crafts yang berlokasi di Panembahan 58, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan sumber data ditentukan melalui teknik purposive sampling. Sampel sumber data berasal dari informan internal dan eksternal perusahaan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan studi pustaka. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website merupakan bagian dari media komunikasi pemasaran. Website memiliki kemampuan penggabungan secara terpadu antara bentuk iklan, publisitas, layanan yang menampung keluhan serta berbagai pertanyaan dari pelanggan, hingga penawaran langsung (direct selling), dan distribusi sehingga menjadi media potensial dalam menawarkan sebuah alternative media komunikasi massa dan komunikasi face-to-face. Untuk itu perhatian komunikasi pemasaran dengan website sebagai medianya adalah bagaimana membuat isi pesan (content), desain web yang kreatif, serta trik penyampaian yang mudah dipahami dan menarik perhatian konsumen, perhatian terhadap fleksibilitas, kecepatan akses, serta fasilitas yang tersedia seperti penyediaan ruang komunitas untuk interaksi antar surfer menjadi penunjang keberadaan situs website tersebut.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 18 Jul 2013 06:25
    Last Modified: 18 Jul 2013 06:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6076

    Actions (login required)

    View Item