PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JATEN 1 JOGOROGO NGAWI TAHUN 2011

Trias Wati, Ervi (2011) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JATEN 1 JOGOROGO NGAWI TAHUN 2011. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (742Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ERVI TRIAS WATI. NIM X7107026. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jaten 1 Jogorogo Ngawi Tahun 2011. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2011. Tujuan penelitian adalah meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas IV SD Negeri Jaten 1 Jogorogo Ngawi Tahun 2011, meningkatkan keaktifan siswa dalam pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas IV SD Negeri Jaten 1 Jogorogo Ngawi Tahun 2011. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas IV SD Negeri Jaten 1 Jogorogo Ngawi Tahun 2011 yang terdiri dari 26 siswa. Sedangkan objeknya adalah pemahaman konsep siswa dalam penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi langsung, tes dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan trianggulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 62,31 dengan prosentase ketuntasan sebesar 46,15% meningkat menjadi 71,15 dengan prosentase ketuntasan 73,08% pada siklus I. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,58 dengan prosentase ketuntasan 84,61%. Sedangkan pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 88,26 dengan prosentase ketuntasan 96,15%. Peningkatan ketuntasan siswa dari prasiklus sampai siklus III sebesar 50%. Melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hal ini terbukti pada siklus I skor rata- rata 50,5 atau sebesar 52,57% menjadi 56,14 atau sebesar 57,7% pada siklus II dan pada siklus III skor rata-rata meningkat menjadi 72,86 atau 83,33%. Peningkatan keaktifan siswa dari sikus I sampai siklus III sebesar 30,76%. ABSTRACT ERVI TRIAS WATI. NIM X7107026. The application of Demonstration method to Improve the Understanding of Integer Number Addition and Subtraction Concept in IV Graders of SD Negeri Jaten 1 Jogorogo Ngawi in 2011. Skripsi. Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Surakarta Sebelas Maret University. 2011. The objective of this classroom action research is to improve the understanding of integer number addition and subtraction concept by applying demonstration method in IV Graders of SD Negeri Jaten 1 Jogorogo Ngawi in 2011, to improve the liveliness of integer number addition and subtraction concept by applying demonstration method in IV Graders of SD Negeri Jaten 1 Jogorogo Ngawi in 2011. The subject of research was the IV graders of Negeri Jaten 1 Jogorogo Ngawi in 2011, consisting of 26 students. Meanwhile the object was the student’s concept understanding in Integral Number Addition and Subtraction. This study belongs to a classroom action research using cycle model. The research was carried out in three cycles. Each cycle consists of 4 stages: planning, acting, observing, reflecting. Techniques of collecting data used were interview, direct observation, test and documentation. Data validity used was content validity and data triangulation. Technique of data analysis used was an interactive analysis mode. Considering the result of research, it can be concluded that the mathematics learning using demonstration method can improve the concept understanding of the IV graders of Negeri Jaten 1 Jogorogo Ngawi in 2011 in integer number addition and subtraction. It can be seen from the prior condition before the treatment was done in which the students’ mean value is 62.31 with the passing percentage of 46.15% increases to 71.15 with passing percentage of 73.08% in cycle I. In cycle II the mean value of class increases to 80.58 with passing percentage of 84.61%. Meanwhile in cycle III the mean value of class increases to 88.26 with passing percentage of 96.15%. The students’ passing improvement from pre-cycle to cycle III is 50%. Using demonstration method can improve the liveliness of integer number addition and subtraction concept understanding. It can be seen in cycle I the mean value is 50.5 with passing percentage 52.57% increases to 56.14 with passing percentage of 57.7% in cycle II and cycle III the mean value increases to 72.86 with passing percentage of 83.33%. improve the liveliness of the students from cycle I to cycle III is 30.76%

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 18 Jul 2013 06:25
    Last Modified: 18 Jul 2013 06:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6075

    Actions (login required)

    View Item