PENGGUNAAN METODE READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK TUNA GRAHITA KELAS X SMALB-C SETYA DARMA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

AISYAH, RETNO NUR (2011) PENGGUNAAN METODE READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK TUNA GRAHITA KELAS X SMALB-C SETYA DARMA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1351Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui metode reading aloud dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada anak tunagrahita kelas X SMALB-C Setya Darma Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yaitu sebuah penelitian yang merupakan kerja sama antara peneliti, guru, siswa, dan pihak-pihak lain yang terkait untuk menciptakan suatu kinerja sekolah yang lebih baik. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMALB-C Setya Darma Surakarta yang berjumlah 4 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan metode reading aloud adalah adanya peningkatan nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa pada kondisi awal 51,00 kemudian pada siklus I meningkat menjadi 60,25 dan pada siklus II nilai rata-ratanya adalah 70,75. Indikator ketercapaian yang digunakan dalam penelitian ini terdapat pada siklus terakhir saat pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca pemahaman untuk siswa tunagrahita kelas X SMALB-C Setya Darma Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011 dilihat dari ketuntasan belajar dihitung dari jumlah siswa yang mampu mendapat nilai ≥ 60 yaitu 3 siswa atau 75 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada anak tunagrahita kelas X SMALB-C Setya Darma Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 18 Jul 2013 05:35
    Last Modified: 18 Jul 2013 05:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6052

    Actions (login required)

    View Item