PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Teams Games Tournament) MENGGUNAKAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN RESPONS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 MOJOGEDANG TAHUN AJARAN 2009/2010

Fitriyana, Rischa Nur (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Teams Games Tournament) MENGGUNAKAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN RESPONS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 MOJOGEDANG TAHUN AJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (701Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan respons siswa dalam pembelajaran biologi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) menggunakan puzzle pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Mojogedang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersiklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan dasar yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, angket, wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Simpulan penelitian yang diperoleh adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) menggunakan puzzle dapat meningkatkan respons siswa dalam pembelajaran biologi. Hal ini dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa peningkatan setiap indikator respons siswa dalam pembelajaran biologi telah dapat mencapai target yang telah ditentukan. Target untuk indikator keterlibatan dalam kegiatan persiapan, proses dan kelanjutan belajar adalah 75%. Presentase capaian indikator keterlibatan dalam kegiatan persiapan, proses dan kelanjutan belajar sebesar 77,5%. Target untuk indikator kemauan untuk berinisiatif adalah 75%. Presentase capaian indikator kemauan untuk berinisiatif sebesar 75%. Target untuk indikator kemauan untuk berkreasi adalah 75%. Presentase capaian indikator kemauan untuk berkreasi 77,5%. Target untuk indikator terus bekerja atau tidak macet dalam pembelajaran adalah 75%. Presentase capaian indikator terus bekerja atau tidak macet dalam pembelajaran sebesar 82,5%. Target untuk indikator melakukan pekerjaan tanpa membuang waktu adalah 75%. Presentase capaian indikator melakukan pekerjaan tanpa membuang waktu sebesar 75%. Penelitian dihentikan pada siklus kedua mengingat target telah tercapai. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament), Puzzle, Respons siswa dalam Pembelajaran Biologi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Users 832 not found.
    Date Deposited: 18 Jul 2013 05:28
    Last Modified: 18 Jul 2013 05:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6051

    Actions (login required)

    View Item