PENGEMBANGAN USAHATANI LAHAN KERING BER-KELANJUTAN BERBASIS TEMBAKAU DI SUB-DAS PROGO HULU (KABUPATEN TEMANGGUNG PROPINSI JAWA TENGAH)

Suyana, Jaka (2011) PENGEMBANGAN USAHATANI LAHAN KERING BER-KELANJUTAN BERBASIS TEMBAKAU DI SUB-DAS PROGO HULU (KABUPATEN TEMANGGUNG PROPINSI JAWA TENGAH). Other thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img] PDF
Download (36Kb)

    Abstract

    Akibat dari teknik budidaya yang kurang mengindahkan kaidah konservasi tanah dan air, pada kemiringan berbukit dan curam, serta curah hujan yang tinggi pada usahatani lahan kering berbasis tembakau di Sub-DAS Progo Hulu telah menyebabkan terjadinya erosi yang parah dan degradasi lahan. Penelitian ini bertujuan : (1) mengkaji kondisi biofisik lahan dan karakteristik usahatani lahan kering berbasis tembakau di Sub-DAS Progo hulu; (2) mengkaji pengaruh teknologi konservasi tanah dan air (KTA) spesifik lokasi terhadap limpasan permukaan dan erosi; dan (3) merumuskan perencanaan sistem pertanian konservasi untuk mewujudkan sistem usahatani lahan kering berkelanjutan berbasis tembakau di Sub-DAS Progo Hulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lahan pada usahatani lahan kering berbasis tembakau di Sub-DAS Progo Hulu pada umumnya (58,4%) sesuai dengan kelas kemampuan lahan dan sisanya 41,6% tidak sesuai dengan kelas kemampuan lahan. Terdapat 77,2% lahan memiliki nilai prediksi erosi lebih besar dari nilai ETol dan perlu penyempurnaan dalam teknologi KTA. Usahatani lahan kering berbasis tembakau di Sub-DAS Progo Hulu didominasi pola tanam jagung-tembakau (51,0%) dan cabe-tembakau (29,2%), dengan pendapatan usahatani masih diatas nilai kebutuhan hidup layak. Perlakuan pemberian mulsa batang tembakau dikombinasikan rumput penguat teras

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: mr azis r
    Date Deposited: 07 May 2013 17:49
    Last Modified: 07 May 2013 17:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/604

    Actions (login required)

    View Item