PENGGUNAAN LAGU - LAGU MANDARIN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN KELAS TIGA DI SD TRIPUSAKA SURAKARTA

Purwanti, Dewi (2011) PENGGUNAAN LAGU - LAGU MANDARIN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN KELAS TIGA DI SD TRIPUSAKA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (788Kb)

    Abstract

    Penulisan TA ini dilatarbelakangi permasalahan apakah penggunaan media lagu mampu meningkatkan penguasaan kosakata dan prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa China di SD Tripusaka Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan kegiatan belajar mengajar bahasa China dengan menggunakan media lagu - lagu anak. Dalam penulisan TA ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka, wawancara, dan studi dokumen. Hasil laporan ini menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa China dengan media lagu dapat dijadikan alternatif model pengajaran. Dengan media lagu, pembelajaran kosakata Bahasa China lebih mudah dimengerti dan lebih efisien. Hal ini bisa dilihat dari hasil evaluasi yang diujikan dengan menggunakan media lagu anak berbahasa mandarin meningkat kurang lebih 40% dibandingkan sebelum menggunakan media lagu. Selama penulis mengajar dengan melalui media lagu anak ada beberapa kendala diantaranya tidak tersedianya sarana IT disekolah sehingga penulis yang menyiapkan sarana tersebut dengan membawa kaset, speaker dan laptop dari rumah dan juga kurangnya waktu dalam mengajar sehingga penulis yang minta tambahan waktu kepada guru pamong. Dari hasil laporan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media lagu - lagu anak berbahasa Mandarin mampu meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa China di SD Tripusaka.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: Users 832 not found.
    Date Deposited: 18 Jul 2013 04:48
    Last Modified: 18 Jul 2013 04:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6031

    Actions (login required)

    View Item