PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA MODEL KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) DAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA

Sari, Lestari Andika (2010) PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA MODEL KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) DAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA. Other thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF - Published Version
Download (886Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada sub pokok bahasan Hukum Kirchoff, (2) ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara motivasi belajar siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada sub pokok bahasan Hukum Kirchoff (3) ada atau tidak adanya interaksi antara pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada sub pokok bahasan Hukum Kirchoff. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2 X 2. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Matholiul Huda Pucakwangi Kabupaten Pati. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X Madrasah Aliyah Matholiul Huda Pucakwangi Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2008/2009 yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu acak /random. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XA dan XC yang masing-masing terdiri dari 45 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik angket dan teknik tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data keadaan awal siswa yang diambil dari nilai Fisika hasil ulangan harian terakhir. Teknik angket digunakan untuk mendapatkan data motivasi belajar siswa. Teknik tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan kognitif Fisika siswa pada sub pokok bahasan Hukum Kirchoff. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anava dua jalan dengan isi sel tak sama pada taraf signifikasi 5%, kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut anava yaitu komparasi ganda metode Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada sub pokok bahasan Hukum Kirchoff di SMA. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat menjadi model pembelajaran yang efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada sub pokok bahasan Hukum Kirchoff, (2) ada perbedaan pengaruh antara motivasi belajar siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada sub pokok bahasan Hukum Kirchoff. Motivasi belajar siswa kategori tinggi lebih efektif dari pada motivasi belajar siswa kategori rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada sub pokok bahasan Hukum Kirchoff, (3) tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada sub pokok bahasan Hukum Kirchoff.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Users 846 not found.
    Date Deposited: 18 Jul 2013 04:28
    Last Modified: 18 Jul 2013 04:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/6022

    Actions (login required)

    View Item