LAPORAN KULIAH KERJA MEDIA KEGIATAN DESAINER GRAFIS DALAM PROSES PEMBUATAN LUAR RUANG DI CV. MEDIA ARTHA (HARNO AR)

R, Syaiful Hendra (2009) LAPORAN KULIAH KERJA MEDIA KEGIATAN DESAINER GRAFIS DALAM PROSES PEMBUATAN LUAR RUANG DI CV. MEDIA ARTHA (HARNO AR). Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (496Kb)

    Abstract

    Pada era globalisasi ini, semakin banyak sekali perubahan yang sudah kita nikmati bersama, salah satunya mengenai perkembangan teknologi yang semakin pesat dari waktu ke waktu. Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, teknologipun tak kalah berkembangnya, hal ini sangat berdampak pada kebutuhan akan sumber daya manusia di bidang industri komunikasi. Era ini menjadikan informasi sebagai elemen penting yang membuat manusia untuk terus memproduksi, mengolah dan mendistribusikan informasi kepada masyarakat. Melihat hal tersebut, kebutuhan promosi akan suatu produk yang dihasilkan oles suatu perusahaan untuk memperngaruhi konsumen agar menggunakannya mengalami peningkatan jumlah dalam penjualannya. Dengan menggunakan media pesan yang disampaikan, iklan merupakan salah satu satu bentuk pesan yang disampaikan kepada konsumen yang paling efektif untuk membujuk khalayak agar membeli produk yang ditawarkan. Maka iklan adalah salah satu bentuk strategi media yang menggunakan seni persuasi paling jitu untuk memasarkan barang atau jasa dalam mencapai konsumen. Karena itu iklan mampu merangsang suatu perusahaan untuk memilih media iklan sebagai salah satu media yang paling ampuh dalam menjangkau konsumen dalam waktu yang relatif singkat untuk mencoba menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Dalam dunia periklanan proses produksi suatu order haruslah melalui beberapa tahap yang harus diperhatikan. Dimulai dari pembuatan desain awal sampai dengan desain akhirharuslah melalui tahaptahap seperti pembuatan desain itu sendiri, baik bentuk maupun lay out (tata letak). Disamping menentukan bentuk dal lay out, dari sebuah desain, penentuan warna yang pas juga harus diperhitungkan. Warna yang digunakan bukanlah sembarangan, akan tetapi haruslah sesuai dengan konsep atau tema desain yang akan dibuat sehingga memiliki keserasian. Memproduksi sebuah order pembuatan cetak/sablon juga harus dimengerti tentang alur dari sebuah proses produksi itu sendiri. Dari desain yang sudah jadi, bagian produksi harus menentukan apa yang seharusnya dilakukan agar hasilnya sesuai dengan permintaan konsumen. Mempersiapkan alatalat dan bahan produksi penyablonan, cara pengerjaan yang teliti, dan sikap kooperatif adalah menjadi tanggung jawab dari bagian produksi. Dengan melakukan tahap demi tahap proses produksi diiringi dengan sikap tanggung jawab pada masingmasing individunya, maka pekerjaan yang dihasilkan akan sesuai dengan kenginan konsumen. Suatu iklan yang kreatif haruslah sesuai dengan konsep kreatif yang telah dirancang sebelumnya dan harus dituangkan dalam proses produksinya, oleh karena itu proses produksinya dan skill tersebut harus dimiliki oleh tenagatenaga yang professional dan memiliki daya kreatifitas yang tinggi pula. Agen iklan memiliki kelebihan kemampuan dalam menyampaikan cerita secara meyakinkan melalui berbagai cara, menyampaikan kisah itu kepada khalayak, dan membuat khalayak itu memberikan perhatian tertentu atas dasar pesan yang ada dalam iklan tersebut. Hal ini benarbenar dialami oleh perusahaan Harno AR (CV. Media Artha), sebagai biro iklan yang sudah lebih dari 20 tahun berdiri, berdasarkan kepercayaan klienlah biro iklan ini mampu bersaing dengan biro iklan lainnya. Dengan banyaknya klien yang merasakan prestasi/pencapaian yang dibuat oleh perusahaan ini, maka semakin banyak pula klien baru yang akan percaya dengan kinerja perusahaan tersebut. Dengan demikian perusahaan akan lebih maju dan kesejahteraan terhadap karyawan dapat terpenuhi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 18 Jul 2013 08:23
    Last Modified: 18 Jul 2013 08:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5986

    Actions (login required)

    View Item