UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI MUKA BUMI

YOHANA, REZA (2010) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI MUKA BUMI. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (2943Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-4 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010 dengan menggunakan metode Teams Games Tournament (TGT) pada Kompetensi Dasar Menganalisis Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi. Penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-4 sebanyak 39 siswa. Data diperoleh melalui dokumentasi, observasi, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Indikator kinerja yang harus dicapai adalah ketuntasan 80% motivasi dan hasil belajar. Hasil belajar pada siklus I menunjukan bahwa penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran geografi belum mampu meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian. Hal ini ditunjukkan pada motivasi siswa yang baru mencapai 67% dan hasil belajar siswa mencapai 67% dari jumlah siswa. Hasil penelitian siklus II terjadi peningkatan motivasi siswa menjadi 85% dan hasil belajar belajar siswa 82%. Hasil pada siklus II tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode TGT pada pembelajaran geografi disertai dengan pemberian motivasi, penilaian terhadap hasil kerja individu dan mengoptimalkan penggunaan media seperti makromedia flash dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi siswa dari siklus I ke siklus II meningkat 18% (siklus I = 67% dan siklus II = 85%). Hasil belajar siswa meningkat 15% dari siklus I ke siklus II (siklus I = 67% dan siklus II = 82%). Dengan demikian dapat diajukan rekomendasi bahwa penerapan metode TGT dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X-4 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Ayu Purnama Sari
    Date Deposited: 17 Jul 2013 23:17
    Last Modified: 17 Jul 2013 23:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5950

    Actions (login required)

    View Item