PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE QUANTUM LEARNING ANAK TUNANETRA KELAS VII SMPYKAB SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Wardaningrum, Nurul (2009) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE QUANTUM LEARNING ANAK TUNANETRA KELAS VII SMPYKAB SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (423Kb)

    Abstract

    Nurul Wardaningrum. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE QUANTUM LEARNING ANAK TUNANETRA KELAS VII SMPYKAB SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2009. Penelitian ini berkenaan dengan upaya meningkatkan prestasi belajar IPS anak tunanetra melalui metode Quantum Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Quantum Learning dalam pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar IPS bagi anak tunanetra di SMPYKAB Surakarta. Metode Quantum Learning merupakan metode yang memberikan rasa nyaman dan menyenangkan saat pembelajaran. Quantum Learning merupakan interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya. Prestasi belajar IPS adalah tingkat kemanusiaan yang dimiliki siswa dalam menerima, menolak, dan menilai informasiinformasi yang berupa fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan kehidupan sosial yang didasarkan pada bahan kajian sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum dan budaya. Penelitian ini berbentuk classroom action research / Penelitian Tindakan Kelas yaitu suatu penelitian yang berupa kolaborasi atau kerjasama antara peneliti dengan guru, siswa, serta staf sekolah. Sumber data penelitian ini adalah informan (guru, siswa, kepala sekolah), tempat dan peristiwa kegiatan pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara mendalam, tes dan analisis dokumen. Untuk menguji validitas data penulis menggunakan triangulasi dan review informan kunci. Teknis analisis yang digunakan adalah dengan melakukan deskripsi secara kualitatif yaitu dengan analisis kritis, dan kuantitatif statistik deskriptif komparatif untuk menghitung peningkatan prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa metode Quantum Learning dalam pembelajaran meningkatkan prestasi belajar IPS anak tunanetra kelas VII SMPYKAB Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 17 Jul 2013 22:33
    Last Modified: 17 Jul 2013 22:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5903

    Actions (login required)

    View Item