Peningkatan Pemahaman Konsep Perjuangan Para Tokoh Pejuang pada Masa Penjajahan Belanda melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V SD N Bumi II No. 205 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018

Harini, Latifah Aulia (2018) Peningkatan Pemahaman Konsep Perjuangan Para Tokoh Pejuang pada Masa Penjajahan Belanda melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V SD N Bumi II No. 205 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (405Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Latifah Aulia Harini. K7114091. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD N BUMI II NO. 205 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas V SD N Bumi II No. 205 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD N Bumi II No. 205 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu melalui penelitian tindakan kelas dengan model siklus. Pada tiap siklusnya memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa nilai pemahaman konsep perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda. Data kualitatif berupa hasil wawancara guru dan siswa, penilaian kinerja guru, penilaian aktivitas siswa dan hasil dokumentasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Uji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi teknik. Uji validitas menggunakan teknik triangulasi meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda pratindakan sebesar 55 dengan persentase ketuntasan klasikal 16,7%, kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata kelas 56,87 dengan persentase ketuntasan klasikal 33,3%, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat lagi mencapai 67,5 dengan persentase ketuntasan klasikal 58,3%, dan pada siklus III rata-rata kelas meningkat menjadi 85,6 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 91,7%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan kinerja guru dan aktivitas siswa pada kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan pemahaman konsep perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda pada siswa kelas V SD N Bumi II No. 205 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), pemahaman konsep, perjuangan tokoh pejuang, penjajahan Belanda.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 835 not found.
    Date Deposited: 17 Jul 2013 22:11
    Last Modified: 16 Oct 2018 18:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5880

    Actions (login required)

    View Item