PERANAN KEBUDAYAAN JAWA TERHADAP PERILAKU PENGAWAS DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR: Kajian Etnografi di UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah

Suharno, (2012) PERANAN KEBUDAYAAN JAWA TERHADAP PERILAKU PENGAWAS DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR: Kajian Etnografi di UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Other thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] PDF
Download (94Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah menggambarkan bagaimana pengaruh kebudayaan Jawa terhadap pembinaan profesionalisme guru dan pengawas sekolah dasar. Terutama bagaimana supervisi tersebut dalam mempengaruhi kinerja para guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dasar, dalam kerangka pembelajaran di sekolah dasar (SD).Penelitian ini dilaksanakan di Wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (kini UPTD atau Unit Pelaksana Teknis Daerah) Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi, dimana secara triangulatif akan melihat bagaimana perilaku budaya Jawa itu dapat mempengaruhi perilaku pengawas, kepala sekolah dan guru sekolah dasar (SD). Dari hasil analisis ditemukan bahwa secara representatif kebudayaan Jawa tidak sepenuhnya dapat mempengaruhi perilaku para pengawas dan kepala sekolah terhadap pembinaan profesionalisme guru sekolah dasar. Hal ini dapat dipahami bahwa, kini telah ada kecenderungan keterbukaan budaya, yang dari ’sumbernya’ (keraton Surakarta maupun Yogyakarta) memang telah ’memudar’ (open culture). Sehingga perilaku pengawas sekolah dasar bisa dikaji lebih mendalam lagi dari berbagai aspek, selain dari sisi budaya Jawa. Kata kunci: Supervisi Pembelajaran, Kebudayaan Jawa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: mr admin 007
    Date Deposited: 07 May 2013 04:48
    Last Modified: 07 May 2013 04:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/588

    Actions (login required)

    View Item