UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR TURBO MELALUI PENDEKATAN MODIFIKASI PERMAINAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SEMARANG KEC. BANJARNEGARA KAB. BANJARNEGARA TAHUN 2011

SULISTYOWATI, ENI (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR TURBO MELALUI PENDEKATAN MODIFIKASI PERMAINAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SEMARANG KEC. BANJARNEGARA KAB. BANJARNEGARA TAHUN 2011. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (339Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lempar turbo melalui Pendekatan Modifikasi Permainan pada SD Negeri 1 Semarang Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara Tahun 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yang dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipatif. Artinya peneliti tidak melakukan penelitian sendiri, namun berkolaborasi atau bekerja sama dengan guru Pendidikan Jasmani SDN 1 Semarang Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara secara partisipatif, artinya peneliti bersama-sama dengan mitra peneliti akan melaksanakan penelitian ini langkah demi langkah. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus setiap siklus satu kali pertemuan dan setiap pertemuan menerangkan tahapan perkembangan proses pembelajaran Pendidikan Jasmani dengan materi lempar turbo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Semarang Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. (1) Tes dipergunakan untuk mendapatkan data tentang hasil lempar turbo, (2) Observasi digunakan untuk mengumpulkan data, aktivitas siswa dan guru selama kegiatan belajar mengajar. Teknik analisis data secara diskriptif dengan menggunakan teknik prosentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa melalui pendekatan modifikasi permainan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Semarang Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, dapat meningkatkan hasil belajar lempar turbo yang diharapkan. Bukti peningkatan tersebut adalah sebelum mendapatkan tindakan kondisi awal siswa kelas IV berjumlah 32 siswa yang memiliki nilai di atas KKM berjumlah 11 siswa atau 40% dan memiliki nilai ratarata 71,8. Setelah mendapat tindakan pada siklus pertama terjadi peningkatan menjadi 20 siswa atau 60,2% dan memiliki nilai rata-rata 76,8 dan setelah mendapatkan tindakan pada siklus kedua ada peningkatan menjadi 28 anak atau 82% siswa nilainya di atas KKM dan memiliki rata-rata nilai 80,3. Berdasarkan rata-rata nilai di atas dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan modifikasi permainan dapat meningkatkan hasil belajar lempar turbo pada SDN 1 Semarang Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Noreka Destiana
    Date Deposited: 17 Jul 2013 21:59
    Last Modified: 17 Jul 2013 21:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5870

    Actions (login required)

    View Item