PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPERCAYAAN PADA SUPERVISOR, PERILAKU IDEAL KEWARGAAN ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERAWAT

Cholil, Muhammad (2011) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPERCAYAAN PADA SUPERVISOR, PERILAKU IDEAL KEWARGAAN ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERAWAT. Other thesis, Universitas Gadjah Mada.

[img] PDF
Download (60Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional, kepercayaan pada supervisor, perilaku ideal kewargaan organisasi yang berfokus individu, dan perilaku ideal kewragaan organisasi yang berfokus pada organisasi terhadap kualitas pelayanan perawat. Kualitas pelayanan sebagai variabel endogen, kepemimpinan transformasional sebagai variabel eksogin, kepercayaan pada supervisor dan perilaku ideal kewargaan organisasi yang berfokus individu, dan perilaku ideal kewargaaan organisasi yang berfokus pada organisasi sebagai variabel pemediasi. Peneliti memadukan interaksi hubungan antara harapan pemimpin, harapan perawat, dan harapan pasien dalam lintas variabel secara sinergik. 353 perawat sebagai responden dari lima rumah sakit swasta di Surakarta telah mengisi kuesioner yang diberikan. Berdasarkan analisis SEM (structural equation modeling) ditemukan bahwa bahwa: Pertama, model penelitian awal memenuhi kriteria uji model menurut angka indek uji kelayakan RMSEA, CMIN, GFI, AGFI, TLI, CFI dan NFI dapat dipenuhi. Tetapi model ini ini tidak dapat diterima, karena terdapat nilai negative yaitu z 19 - .190. Kedua, Modifikasi model dilakukan dengan menghilangkan garis hubungan antara kepercayaan pada supervisor dengan kualitas pelayanan dan ditemukan bahwa kriteria uji kelayakan model dipenuhi dan dapat diterima. Ketiga, hasil penelitian menunjukkan bahwa 10 dari 12 hipotesis penelitian terbukti dan hanya 2 hipotesis, yaitu perilaku ideal kewargaan organisasi yang berfokus individu tidak mempengaruhi kualitas pelayanan dan dalam waktu yang sama tidak memediasi pengaruh antara kepemimpinan transformasional dan kualitas pelayanan. Kata kunci: kepemimpinan transformasional, kepercayaan pada supervisor, perilaku ideal kewargaan organisasi, kualitas pelayanan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: mr admin 007
    Date Deposited: 07 May 2013 04:28
    Last Modified: 07 May 2013 04:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/585

    Actions (login required)

    View Item