PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN INOVATIF DAN KONVENSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA SISWA PUTRA KELAS IV DAN V SD NEGERI 4 MRANGGEN POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2010

Mustofa, Akbar Tanjung (2011) PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN INOVATIF DAN KONVENSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA SISWA PUTRA KELAS IV DAN V SD NEGERI 4 MRANGGEN POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2010. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (244Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1). Perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran inovatif dan konvensional terhadap hasil belajar menggiring dalam permainan sepak bola pada siswa putra kelas IV dan V di SD Negeri 4 Mranggen Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun 2010. (2). Metode pembelajaran yang lebih baik pengaruhnya antara metode pembelajaran inovatif dan konvensional terhadap hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa putra kelas IV dan V di SD Negeri 4 Mranggen Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan pretest – posttest design. Pembagian kelompok ke dalam 2 kelompok dengan cara “macth subject of pairing”. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas IV dan V SD Negeri 4 Mranggen Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun 2010 yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mencari perbedaan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1). Ada perbedaan pengaruh pembelajaran inovatif dan pembelajaran konvensioanl terhadap hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa putra kelas IV dan V di SD Negeri 4 Mranggen Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun 2010, karena nilai thitung yang diperoleh sebesar 1,769 , lebih besar dari ttabel sebesar 1,699. (2). Pembelajaran inovatif lebih baik pengaruhnya daripada pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa putra kelas IV dan V di SD Negeri 4 Mranggen Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun 2010, dengan peningkatan yaitu pembelajaran inovatif 11,80 % dan pembelajaran konvensional 4, 62 %.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Artika Vety Yulianingrum
    Date Deposited: 17 Jul 2013 21:14
    Last Modified: 17 Jul 2013 21:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5847

    Actions (login required)

    View Item