PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MENGGAMBAR GERAK ANIMASI 2 DIMENSI PADA SISWA KELAS X SMKN 9 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Indyah, Listyawati Sri (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MENGGAMBAR GERAK ANIMASI 2 DIMENSI PADA SISWA KELAS X SMKN 9 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (2627Kb)

    Abstract

    Listyawati Sri Indyah. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MENGGAMBAR GERAK ANIMASI 2 DIMENSI PADA SISWA KELAS X SMKN 9 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010, Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober. 2010. Hasil belajar siswa kelas X Animasi masing rendah, hal tersebut di antaranya disebabkan model pembelajaran yang selama ini diterapkan kurang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar Menggambar Gerak Animasi 2 dimensi dengan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio pada siswa kelas X Animasi SMK N 9 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Jurusan Animasi SMKN 9 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Sumber data diperoleh dari guru mata pelajaran Produktif Animasi dan siswa kelas X Animasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dengan tiga kali siklus, dalam setiap siklus mencakup empat kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil belajar berupa portofolio siswa yang mencakup aspek kognitif berdasarkan kemampuan siswa dalam mengumpulkan dokumen portofolionya dan pemahaman terhadap materi, yang dinilai berdasarkan pengetahuan, pemahaman, evaluasi, dan seleksi. Aspek afektif yaitu aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, yang dinilai berdasarkan sikap, minat, kemandirian, moral dan koleksi karya. Aspek psikomotorik yaitu keterampilan siswa dalam menggambar gerak animasi, yang dinilai berdasarkan pembuatan karakter, gerakan karakter, originalitas, kerapian dan kebersihan karya, dan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran portofolio dapat meningkatkan hasil menggambar gerak antara pada mata pelajaran Animasi 2 dimensi pada kelas X Animasi SMK N 9 Surakarta. Peningkatan hasil tersebut meliputi: peningkatan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pada aspek kognitif diketahui peningkatan hasil belajar pada pelaksanaan siklus I sebesar 45 %, pada siklus II 64% dan pada siklus yang ke III adalah sebesar 85 %. Peningkatan pada aspek afektif diketahui peningkatan hasil belajar pada pelaksanaan siklus I sebesar 52 %, pasa siklus II sebesar 73% dan pada siklus III sebesar 85%. Pada aspek psikomotorik diketahui peningkatan pada pelaksanaan siklus I sebesar 36%, siklus II sebesar 50% dan pada siklus III sebesar 76 %.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Artika Vety Yulianingrum
    Date Deposited: 17 Jul 2013 21:08
    Last Modified: 17 Jul 2013 21:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5843

    Actions (login required)

    View Item