EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Khosim, Nanang (2011) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1609Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan quantum learning menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan dengan model konvensional pada materi statistika (2) mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan minat belajar tinggi lebih baik dibandingkan siswa dengan minat belajar sedang maupun rendah dan prestasi belajar siswa dengan minat belajar sedang lebih baik dibandingkan siswa dengan minat belajar rendah pada materi statistika (3) mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 34 siswa. Jumlah siswa pada kelas eksperimen sebanyak 32 siswa sedangkan pada kelas kontrol sebanyak 34 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) metode dokumentasi untuk data kondisi awal siswa sebelum penelitian dan sebagai salah satu pertimbangan penelitian (2) metode angket untuk data minat belajar matematika siswa (3) metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa materi statistika. Uji coba instrumen dilakukan di SMA Negeri 5 Surakarta. Sebagai persyaratan penelitian dilakukan uji keseimbangan dengan uji-t. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan uji persyaratan analisis data

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Ayu Purnama Sari
    Date Deposited: 17 Jul 2013 20:20
    Last Modified: 17 Jul 2013 20:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5822

    Actions (login required)

    View Item