PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MAKE A MATCH DISERTAI DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

KHASANAH, RIKA NUR (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MAKE A MATCH DISERTAI DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (626Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) Kualitas proses belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 8 Surakarta dalam proses pembelajaran materi Unsur, Senyawa, dan Campuran melalui pembelajaran kooperatif model Make a Match disertai diskusi kelompok. (2) Hasil belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 8 Surakarta dalam proses pembelajaran materi Unsur, Senyawa, dan Campuran melalui pembelajaran kooperatif model Make a Match disertai diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Berdasarkan tujuan penelitian, maka penelitian dilakukan dengan uji hipotesis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010 sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, observasi, pemberian angket, dan wawancara. Prosedur pelaksanaan tindakan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi yang dilakukan pada siklus I dan siklus II pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas proses belajar siswa pada materi pokok Unsur, Senyawa, dan Campuran dengan pembelajaran kooperatif model Make a Match disertai diskusi kelompok meningkat sebesar 31,29% . (2) Hasil belajar siswa pada materi pokok Unsur, Senyawa, dan Campuran dengan pembelajaran kooperatif model Make a Match disertai diskusi kelompok meningkat 36,11% dari 58,33% pada siklus I menjadi 94,44% pada siklus II.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Ayu Purnama Sari
    Date Deposited: 17 Jul 2013 20:01
    Last Modified: 17 Jul 2013 20:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5807

    Actions (login required)

    View Item