PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI BANGSAL KEBIDANAN PADA BADAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SUKOHARJO

Nuraini, Indria (2009) PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI BANGSAL KEBIDANAN PADA BADAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SUKOHARJO. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (218Kb)

    Abstract

    Mutu pelayanan adalah suatu pelayanan yang diberikan kepada pasien oleh tenaga kesehatan secara professional dengan empati, respek serta tanggap akan kebutuhan pasien untuk meningkatkan derajat kesehatan pasien sesuai dengan ilmu pengetahuan, ketrampilan dan standar yang berlaku. Sedangkan kepuasan adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan terpenuhi. Dengan memberikan pelayanan yang bermutu dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Bangsal Kebidanan Pada Badan Rumah Sakit Umum daerah Sukoharjo. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi rumah sakit dan memberikan masukan untuk meningkatkan mutu pelayanan di Rumah Sakit Sukoharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian adalah seluruh pasien yang dirawat inap di Bangsal Kebidanan BRSUD Sukoharjo. Dalam pengambilan sample tidak menggunakan teknik quota sampling karena sample yang digunakan adalah seluruh pasien yang di rawat inap. Keseluruhan sample yaitu 35 responden dengan memenuhi kriteria retriksi. Untuk mengukur mutu pelayanan dan kepuasan pasien digunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitas.. Setelah itu data yang telah diperoleh dianalisa dengan dengan Chi Kuadrat Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh dan signifikan antara Mutu Pelayanan dan Kepuasan Pasien di Bangsal Kebidanan pada BRSUD Sukoharjo pada tahun 2009 dengan X2 hitung sebesar 26,627 lebih besar dari X2 tabel 9,488. Jadi disimpulkan ada pengaruh antara mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien. Kata kunci: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RT Nursing
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D4 - Kebidanan
    Depositing User: Artika Vety Yulianingrum
    Date Deposited: 17 Jul 2013 19:46
    Last Modified: 17 Jul 2013 19:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5791

    Actions (login required)

    View Item