Usaha pt taman wisata candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko untuk menarik wisatawan ke candi Prambanan pasca gempa 27 mei 2006

Winarsih, Dwi (2007) Usaha pt taman wisata candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko untuk menarik wisatawan ke candi Prambanan pasca gempa 27 mei 2006. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1993Kb)

    Abstract

    Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang usaha yang dilakukan untuk menarik wisatawan ke Candi Prambanan pasca gempa. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan yang dipertanyakan dalam penelitian ini, yaitu mengetahui kondisi Candi Prambanan dan dampak terhadap kunjungan wisatawan, perbandingan rata-rata kunjungan pra dan pasca gempa serta usaha yang dilakukan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Unit Prambanan untuk menarik minat wisatawan ke Candi Prambanan pasca gempa 27 Mei 2006. Penulisan laporan ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai usaha yang dilakukan untuk menarik wisatawan ke Candi Prambanan pasca gempa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak dari gempa telah mengakibatkan kerusakan yang amat parah pada Candi Prambanan, sehingga berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan. Rata-rata kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan pasca gempa menurun drastis sebanyak 65,8 %. Untuk itu, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko melakukan berbagai usaha untuk menarik kembali minat wisatawan ke Candi Prambanan diantaranya dengan promosi, mengirim surat pemberitahuan tentang kondisi Candi Prambanan sekarang, mengundang pelaku wisata dan media massa ke Candi Prambanan agar tahu sendiri kondisi Candi Prambanan dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak yang terkait. Kesimpulan yang dapat diambil, bahwa PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko telah melakukan berbagai usaha untuk menarik kembali minat wisatawan ke Candi Prambanan dan hasilnya sudah bisa terlihat dari naiknya jumlah kunjungan wisatawan baik wisataan domestik maupun wisatawan manca negara.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Riza Umami Nur K
    Date Deposited: 17 Jul 2013 19:38
    Last Modified: 17 Jul 2013 19:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5779

    Actions (login required)

    View Item