HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH KDPK PADA MAHASISWA REGULER SEMESTER II DI AKADEMI KEBIDANAN HARAPAN MULYA PONOROGO

NURJAYANTI, DWI (2011) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH KDPK PADA MAHASISWA REGULER SEMESTER II DI AKADEMI KEBIDANAN HARAPAN MULYA PONOROGO. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (459Kb)

    Abstract

    Masalah : prestasi belajar merupakan penampakan dari hasil belajar. Prestasi belajar dapat diukur dengan evaluasi belajar antara lain Tes Sumatif yang dapat menentukan Indeks Prestasi (IP) (Winkel, 1999;93). Hasil evaluasi indeks prestasi dari 40 mahasiswa reguler semester IV pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Ibu III/ Nifas di dapatkan bahwa 40,8 % Baik sekali, 58 % Baik dan 1,2 % cukup sedangkan pada mahasiswa semester III dari 44 mahasiswa di dapatkan hasil bahwa 81,2 % baik sekali dan 18,8 % baik. Walaupun dari data tersebut nilai mahasiswa menunjukkan rata rata baik sekali tetapi peneliti ingin meneliti apakah ada hubungan antara persepsi tentang kualitas proses pembelajaran dan minat belajar dengan prestasi mahasiswa dikarenakan mata kuliah Asuhan kebidanan Ibu III/ Nifas merupakan mata kuliah yang sangat dominan bagi seorang bidan. Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas Proses pembelajaran dengan prestasi belajar pada mata kuliah Askeb ibu III/Nifas di AKBID Harapan Mulya Ponorogo/ hubungan minat dengan prestasi belajar pada mata kuliah Askeb ibu Nifas di AKBID Harapan Mulya Ponorogo/ hubungan kualitas proses pembelajaran dan minat dengan prestasi belajar pada mata kuliah Askeb ibu III di AKBID Harapan Mulya . Metode Penelitian : yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah keseluruhan dari jumlah mahasiswa regular semester III. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah mahasiswa reguler semester III tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 44 mahasiswa di AKBID Harapan Mulya Ponorogo. Teknik analisis data adalah tehnik korelasi sederhana,korelasi ganda dan regresi ganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil Penelitian :Terdapat hubungan kualitas proses pembelajaran dengan prestasi belajar didapatkan nilai t hitung 5,231 dengan tingkat sig .000, terdapat hubungan minat belajar dengan prestasi belajar sebesar nilai t hitung 4,509 dengan tingkat sig .000, sedangkan hasil analisis dengan regresi ganda di dapatkan bahwa kualitas proses pembelajaran dan minat belajar secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar sebesar nilai t hitung 3,646 dengan tingkat sig .001, pada X2 didapatkan nilai t hitung 2,791 dengan tingkat sig .008. Simpulan : 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan kualitas proses pembelajaran dengan prestasi belajar, 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan minat belajar dengan prestasi belajar, 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan kualitas proses pembelajaran dan minat belajar dengan prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Users 854 not found.
    Date Deposited: 17 Jul 2013 18:12
    Last Modified: 17 Jul 2013 18:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5719

    Actions (login required)

    View Item