DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI KERAJINAN SANGGUL PARTI

ANDRIYANTO, KODRAT (2009) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI KERAJINAN SANGGUL PARTI. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    2009. Penelitian ini bertujuan : (1) menganalisa penyebab adanya krisis terhadap seni dan budaya lokal, kususnya sanggul, (2) memperkenalkan Sanggul Parti sebagai sanggar pembuatan sanggul, dan (3) menumbukan kembali rasa kecintaan terhadap kerajinan sanggul. Penelitian dalam hal ini difokuskan pada pengumpulan data, dengan cara melakukan wawancara langsung dengan pengelola dan para pengunjung Sanggul Parti. Data-data yang dikumpulkan diantaranya adalah: (1) data produk, (2) segmen atau target market, dan (3) kompetitor. Data yang diperoleh, diolah menjadi suatu rancangan untuk menciptakan strategi kreatif dalam mempromosikan Kerajinan Sanggul Parti dan mengenalkan kembali kerajinan sanggul ke masyarakat luas. Dalam strategi kreatif tersebut diperlukan media yang tepat. Desain Komunikasi Visual adalah media yang digunakan yang meliputi media lini atas (above the line) dan Media lini bawah (bellow the line). Dengan melakukan promosi Kerajinan Sanggul Parti diharapkan mampu menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat luas terhadap kerajinan sanggul dan menjadi upaya menjaga dan melestarikan kerajinan sanggul.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Artika Vety Yulianingrum
    Date Deposited: 17 Jul 2013 17:52
    Last Modified: 17 Jul 2013 17:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5709

    Actions (login required)

    View Item