PENINGKATAN PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN MELALUI MEDIA GAMBAR DI TK TRIPUSAKA SURAKARTA

Dewi, Yoshita Kurnia (2011) PENINGKATAN PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN MELALUI MEDIA GAMBAR DI TK TRIPUSAKA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1706Kb)

    Abstract

    Era globalisasi, menuntut penguasaan bahasa asing. Salah satu bahasa asing yang banyak dipelajari saat ini adalah bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin sudah bisa diajarkan kepada anak kecil, saat mereka duduk di bangku Taman Kanak-kanak. Untuk anak-anak TK Tripusaka Surakarta, salah satu faktor utama dalam belajar bahasa Mandarin adalah pembelajaran kosakata. Pembelajaran kosakata ini memang sebaiknya dilakukan sejak dini.Penelitian yang penulis lakukan di TK Tripusaka dengan menggunakan berbagai macam alat peraga yang ada, ternyata dapat membuat siswa lebih mudah mengingat dan memahami pelajaran yang diajarkan. Praktik kerja lapangan yang penulis lakukan yakni mengajar bahasa Mandarin dengan metode alat peraga. Siswa mendengar guru melafalkan katakata sambil mengamati gambar atau benda yang dimaksud. Kemudian sambil mengamati gambar atau benda yang dimaksud, siswa menirukan kembali ucapan guru. Hasil belajar mengajar dengan memanfaatkan alat peraga dalam bentuk gambar atau benda nyata, dapat menerima siswa dengan baik. Siswa lebih mudah ingat dan hafal hal-hal yang sedang diajarkan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: Users 832 not found.
    Date Deposited: 17 Jul 2013 17:07
    Last Modified: 17 Jul 2013 17:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5679

    Actions (login required)

    View Item