Sintesis Dan Karakterisasi Poli(Butilen Itakonat) Dengan Penambahan Divinil Benzena (Dvb) Sebagai Agen Penyambung Silang

Ninis, Makhnunah (2013) Sintesis Dan Karakterisasi Poli(Butilen Itakonat) Dengan Penambahan Divinil Benzena (Dvb) Sebagai Agen Penyambung Silang. Other thesis, UNS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Telah Dilakukan Penelitian Tentang Sintesis Dan Karakterisasi Poli(Butilen Itakonat) Serta Penambahan Divinil Benzena Sebagai Agen Penyambung Silang. Tujuan Dari Penelitian Ini Mengetahui Waktu Mulai Terbentuknya Poli(Butilen Itakonat) Dan Pengaruh Penambahan Divinil Benzena Terhadap Stabilitas Panas. Proses Pembentukan Poli(Butilen Itakonat) Dilakukan Pada Suhu 170-180 0c Dengan Variasi Waktu Polimerisasi 1 ; 1,5 ; 2 ; 2,5 Dan 3 Jam Melalui Polikondensasi Menggunakan Titanium(Iv) Butoksida Sebagai Katalis. Proses Pembentukan Poli(Butilen Itakonat) 3 Jam Dengan Dvb Dilakukan Pada Suhu 100 0c Dengan Variasi Penambahan Dvb 10; 15; 20 Dan 25 % B/B, Melalui Reaksi Adisi Menggunakan Benzoil Peroksida Sebagai Inisiator Radikal Bebas. Poli(Butilen Itakonat) Yang Terbentuk Kemudian Dikarakterisasi Ftir, Tg-Dta, Bilangan Asam, Viskositas Intrinsik. Poli(Butilen Itakonat) Dengan Dvb Dikarakterisasi Ftir Dan Tg-Dta. Spektra Ftir Mengindikasikan Terbentuknya Poli(Butilen Itakonat), Yang Ditandai Dengan Munculnya Serapan C=O Ester Pada Daerah 1730 Cm-1 Yang Mengalami Pergeseran Bilangan Gelombang Kearah Kanan Dan C-O Pada Daerah 1188 Dan 1151 Cm-1 Yang Mengalami Pergeseran Bilangan Gelombang Kearah Kiri Jika Dibandingkan Dengan Asam Itakonat. Analisa Bilangan Asam Menunjukkan Bahwa Semakin Lama Waktu Polimerisasinya Maka Bilangan Asam Semakin Berkurang. Analisa Viskositas Intrinsik Menunjukkan Semakin Lama Waktu Polimerisasinya Maka Viskositas Intrinsik Semakin Tinggi. Variasi Penambahan Dvb Berpengaruh Terhadap Stabilitas Panas Poli(Butilen Itakonat), Hal Ini Terlihat Pada Waktu Awal Dan Akhir Degradasi Serta T5 %, T10 % Dan T50 % Sedikit Lebih Tinggi Dibandingkan Dengan Poli(Butilen Itakonat).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Mr. admin admin
Date Deposited: 04 May 2013 18:27
Last Modified: 04 May 2013 18:27
URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item