PENGARUH SOLO BATIK CARNIVAL TERHADAP NIAT UNTUK MENYAKSIKAN KEMBALI (BEHAVIORAL INTENTION) DENGAN KEPUASAN WISATAWAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Zvesdanova, Reshinta (2011) PENGARUH SOLO BATIK CARNIVAL TERHADAP NIAT UNTUK MENYAKSIKAN KEMBALI (BEHAVIORAL INTENTION) DENGAN KEPUASAN WISATAWAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1826Kb)

    Abstract

    Penelitian ini memfokuskan pada salah satu agenda even pariwisata di Kota Solo yang bernama Solo Batik Carnival. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut Solo Batik Carnival terhadap kepuasan wisatawan, dimana kepuasan wisatawan juga berpengaruh terhadap niat untuk menyaksikan kembali (behavioral intention). Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah terstruktur sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang mengunjungi Solo dan menyaksikan acara Solo Batik Carnival. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 209 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hierachical Regression Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum atribut Solo Batik Carnival berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan, dimana kepuasan wisatawan juga berpengaruh terhadap behavioral intention. Terdapat perbedaan yang signifikan diantara atribut Solo Batik Carnival dan kepuasan wisatawan dilihat dari karakteristik demografi dan karakteristik perilaku perjalanan. Secara empiris terbukti bahwa hubungan antara atribut Solo Batik Carnival dengan kepuasan wisatawan dipengaruhi secara signifikan oleh karakteristik demografi dan karakteristik perilaku perjalanan. Saran untuk penelitian ini adalah pihak penyelenggara Solo Batik Carnival perlu memiliki public relation yang kompeten dan sensitif terhadap isu-isu mutu even pariwisata. Selain itu, pihak penyelenggara perlu menyusun standar mutu penyelenggaraan penyelenggara Solo Batik Carnival yang didasarkan pada kriteria-kriteria keunikan, keaslian, keindahan, keamanan, dan lain-lain. Kata Kunci: atribut Solo Batik Carnival, kepuasan wisatawan, karakteristik demografi, karakteristik perilaku perjalanan wisatawan, dan niat untuk menyaksikan kembali (behavioral intention) This research focuses on one agenda of tourism events in Solo city called Solo Batik Carnival. The purpose of this research is to determine the effect of solo Batik carnivals’ attributes to the tourist satisfaction, where the satisfaction also influenced by the intention re-watching (behavioral intention). This research uses survey research methods by using questionnaires list that have been structured as a principal data collection. The population in this research was that tourists who visited Solo and watched the show of Solo Batik Carnival. The numbers of sample in this research were 209 respondents. The analysis method that is used in this research is Hierarchical Regression Analysis. The Research shows that generally solo Batik Carnival’s attributes affected tourist satisfaction, where the tourist satisfaction was also influenced to the behavioral intention. Towards a significant difference between the Solo Batik Carnival’s attributes and tourist satisfaction can be seen from demographic characteristics and travel behavior characteristics. Empirically proven that the relationship between Solo Batik carnival’s attributes with tourist satisfaction were significantly influenced by demographic characteristics and travel behavior characteristics. Suggestions for this research are the Solo Batik Carnival organizers need to have a competent public relations and sensitive to issues of quality of tourism events. In addition, the organizers need to develop quality standards of Solo Batik Carnival organizers based on uniqueness, beauty, security, and others criteria. Keywords: Solo Batik Carnival’s Attributes, Tourist Satisfaction, Demographic Characteristic, Travel Behavior Characteristic, Rewatching Intention.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: atribut Solo Batik Carnival, kepuasan wisatawan, karakteristik demografi, karakteristik perilaku perjalanan wisatawan, dan niat untuk menyaksikan kembali (behavioral intention) Solo Batik Carnival’s Attributes, Tourist Satisfaction, Demographic Characteristic, Travel Behavior Characteristic, Rewatching Intention
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 17 Jul 2013 06:07
    Last Modified: 17 Jul 2013 06:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5622

    Actions (login required)

    View Item