PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SEBAGAI STRATEGI PEMBAHARUAN SOSIAL DI SURAKARTA 1930-1970

Ariyanti, Retna (2011) PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SEBAGAI STRATEGI PEMBAHARUAN SOSIAL DI SURAKARTA 1930-1970. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1735Kb)

    Abstract

    Penelitian ini membahas tentang Pendidikan Muhammadiyah Sebagai Strategi Pembaharuan Sosial Di Surakarta 1930-1970. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apa yang menjadi latar belakang pembaharuan pendidikan Muhammadiyah di Surakarta tahun 1930 sampai 1970? (2) Bagaimana bentuk-bentuk pembaharuan pendidikan Muhammadiyah di Surakarta? (3) Bagaimana peran pembaharuan dan pengaruh pendidikan Muhammadiyah terhadap perkembangan masyarakat di Surakarta? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang pembaharuan pendidikan Muhammadiyah di Surakarta tahun 1930 sampai 1970, untuk mengetahui bentuk-bentuk pembaharuan pendidikan Muhammadiyah di Surakarta, untuk mengetahui peran pembaharuan dan pengaruh pendidikan terhadap perkembangan masyarakat di Surakarta. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode sejarah dengan teknik melakukan pengumpulan data. Data selanjutnya dikritik secara intern dan ekstern. Hasilnya berupa fakta- fakta historis. Fakta ini lalu disusun dalam sebuah historiografi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan teknik studi dokumen, studi pustaka, wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persyarikatan Muhammadiyah didirikan karena kecenderungan masyarakat yang terbelenggu oleh tahayul, bid'ah, khurafat, kemiskinan dan penderitaan akibat penjajahan. Akibatnya masyarakat hidup dalam kebodohan, kesengsaraan dan tidak melaksanakan ajaran agama dengan baik dan benar. Untuk memperbaiki keadaan masyarakat tersebut, Muhammadiyah banyak melakukan perubahan misalnya mendirikan sekolah-sekolah dengan tujuan membentuk pribadi muslim, berakhlak mulia, cakap, percaya pada diri sendiri dan berguna bagi masyarakat. Muhammadiyah mendirikan sekolah dari sekolah dasar hingga menengah tinggi. Sekolah-sekolah yang berdiri berjalan lancar dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain. Sekolah-sekolah Muhammadiyah diharapkan mampu menciptakan siswa-siswi yang berkualitas serta berguna bagi bangsa dan negara. Adanya sekolah Muhammadiyah yang berdiri di Surakarta, masyarakat mengalami perubahan dalam beribadah dan dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Persyarikatan Muhammadiyah sebagai lembaga pendidikan swasta mengalami perkembangan yang cukup baik. Muhammadiyah mampu menyiapkan perlengkapan pendidikan dari tingkat dasar hingga tingkat lanjutan. Muhammadiyah masih bisa mengembangkan amal usahanya walaupun dalam masa penjajahan Belanda, Jepang dan masa kemerdekaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Ilmu Sejarah
    Depositing User: Users 832 not found.
    Date Deposited: 17 Jul 2013 05:48
    Last Modified: 17 Jul 2013 05:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5618

    Actions (login required)

    View Item