PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP GAYA MAGNET MELALUI PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY METHOD SISWA KELAS V SD NEGERI 2 AMPEL BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SUSILOWATI, HENY (2011) PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP GAYA MAGNET MELALUI PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY METHOD SISWA KELAS V SD NEGERI 2 AMPEL BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1572Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Heny Susilowati, NIM X7109043. PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP GAYA MAGNET MELALUI PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY METHOD SISWA KELAS V PADA SD NEGERI 2 AMPEL BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2011. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan penguasaan konsep gaya magnet melalui pembelajaran guided inquiry method siswa kelas V SD Negeri 2 Ampel Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011.Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tempat penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Ampel dan sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Sumber data yang digunakan oleh peneliti adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, lembar observasi dan tes hasil evaluasi belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif interaktif yaitu keterkaitan antara tiga komponen antara lain: pengumpulan data/reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Prosedur penelitian dengan model siklus yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa: penerapan pembelajaran melalui guided inquiry method dapat meningkatkan penguasaan konsep gaya magnet siswa kelas V SD Negeri 2 Ampel. Hal ini dapat dilihat dari prosentase kenaikan hasil evaluasi belajar (peningkatan penguasaan konsep) siswa kelas V sebanyak 34 anak dari sebelum ada tindakan sampai siklus II. Sebelum ada tindakan siswa yang mendapatkan nilai minimal 60 ada 16 anak atau 47,05% dari 34 anak, pada siklus I siswa yang mendapatkan nilai minimal 60 ada 24 anak atau 70,59% dari 34 anak, pada siklus II siswa yang mendapatkan nilai minimal 60 ada 33 anak atau 91,18% dari 34 anak. Hasil evaluasi belajar penguasaan konsep gaya magnet siswa sebelum tindakan kemudian dilaksanakan siklus I mengalami prosentase kenaikan 23,54%; dari siklus I kemudian dilaksanakan siklus II penguasaan konsep gaya magnet siswa mengalami prosentase kenaikan 20,59%. ABSTRACT Heny Susilowati, NIM. X7109043. INCREASING MASTERY of the CONCEPTS of LEARNING STYLE MAGNETS through the GUIDED INQUIRY METHOD STUDENTS CLASS V in SD NEGERI 2 AMPEL BOYOLALI YEARS 2010/2011. Thesis, Surakarta: Faculty of teacher training and educational sciences. Sebelas Maret University of Surakarta, June 2011. The purpose of this classroom action research is to improve the mastery of the concept of magnetic force through learning guided inquiry method students class V SD Negeri 2 Ampel Subdistrict Ampel Boyolali Years 2010/2011. The form of research is the research action classroom that consists of two cycles, each cycle consists of four stages: planning, implementation, observation and reflection. As the subject of research is the student class V SD Negeri 2 Ampel. Place of research conducted in SD Negeri 2 Ampel and the study subject were students in gradeV. Time studies conducted in the second semester of the school year 2010/2011. Sources of data used by researchers is the source of primary data and secondary data sources. Data collection techniques in the research is documentation, observation sheet and test results of the evaluation study. Techniques of data analysis using interactive analysis techniques: the link between the three components include: data collection/data reduction, dish, withdrawal of conclude/verification. Research procedures with cycle model consisting of four stage, namely planning, execution, observation and reflection. This classroom action research results can be inferred that: application of learning through the guided inquiry method can improve student mastery of the concept of magnetic force class V SD Negeri 2 Ampel. This can be seen from the percentage increase in the results of the evaluation study (increased mastery of the concepts) class V students as much as 34 children from prior to any action until the cycle II. Before there was the action of students who get a minimum of 60 there are 16 child or child 47,05% of 34, on cycle I students who get the value of 60 minimum there are 24 children or 70,59% of 34 children, cycle II students who get the value of 60 minimum there are 33 children or 91,18% of the children. The results of the evaluation of the magnetic force concept Mastery Learning students before action then implemented the cycle I experienced the percentage increase in 23,54%. from the cycle I then implemented the cycle II magnetic force concept mastery students experience the percentage increase in 20,59%.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 17 Jul 2013 05:36
    Last Modified: 17 Jul 2013 05:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5611

    Actions (login required)

    View Item