PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) PADA MATA KULIAH PRAKTIK BETON

YULIYANTO, ANDY RUDI (2010) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) PADA MATA KULIAH PRAKTIK BETON. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1453Kb)

    Abstract

    Andy Rudi Yuliyanto. PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) PADA MATA KULIAH PRAKTIK BETON. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2010. Tujuan penelitian ini adalah (1) Merancang media pembelajaran interaktif untuk mata kuliah Praktik Beton (2) Menghasilkan perangkat media pembelajaran interaktif yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas/laboratorium. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Untuk menguji kelayakan produk Teknik Sampling yang digunakan adalah Nonprobability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan studi pustaka dan kuisioner/ angket. Teknik Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui kelayakan penggunakan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) sebagai media dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pembuatan dan pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada mata kuliah praktik beton telah menghasilkan sebuah perangkat multimedia (2) Media Pembelajaran Interaktif yang dihasilkan layak untuk digunakan sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran mata kuliah Praktik Beton. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik deskriptif yang menunjukkan bahwa kurva yang terbentuk adalah kurva positif, Artinya mayoritas jawaban responden lebih tinggi dari rata-rata skor dan didukung Modus dan Mean. Melalui pemanfaatan teknologi komputer yang didukung dengan pengolahan informasi dalam bentuk video, audio, teks, dan animasi (simulasi) dapat menambah semangat, gairah dan keantusiasan peserta didik dalam belajar. Model pengembangan pembelajaran interaktif dapat membantu secara aktif bagi peserta didik dalam mengkonstruksi pengetahuannya menjadi pengalaman baru sehingga diharapkan dirinya merasa mudah memahami pembelajaran secara efektif dan optimal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Faisal Adhinata
    Date Deposited: 17 Jul 2013 05:12
    Last Modified: 17 Jul 2013 05:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5607

    Actions (login required)

    View Item