Peningkatan Kemampuan Komunikasi Melalui Latihan Bina Wicara Pada Anak Tuna Rungu Wicara Di Slb-B Yrtrw Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009

Suratmini , Suratmini (2010) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Melalui Latihan Bina Wicara Pada Anak Tuna Rungu Wicara Di Slb-B Yrtrw Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009. Other thesis, UNS.

[img] PDF
Download (124Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan komunikasi melalui bina wicara pada anak tuna rungu wicara di kelas D IV SLB-B YRTRW Surakarta, dan apakah dengan latihan bina wicara anak tuna rungu wicara kelas IV SLB-B YRTRW Surakarta mampu berkomunikasi secara luas. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian ini menggunakan bentuk kualitatif dengan model atau bentuk tunggal terpancang. Populasi adalah seluruh siswa Kelas IV SLB-B YRTRW Surakarta yang berjumlah 4 (empat) orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah dengan trianggulasi data atau sumber data. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: latihan bina wicara dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa tunarungu kelas D IV di SLB B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2008/2009, akan tetapi masih ada salah satu siswa belum tuntas, karena kondisi siswa dan kemampuan siswa sulit untuk ditingkatkan walaupun sudah dilakukan berbagai upaya baik dengan alat peraga maupun metode karena selain mengalami tuna rungu, 1 siswa yang belum tuntas tersebut mengalami keterbelakangan mental.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: danny
    Date Deposited: 24 Nov 2010 21:54
    Last Modified: 24 Nov 2010 21:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/56

    Actions (login required)

    View Item