PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 1 GAGAKSIPAT, NGEMPLAK , BOYOLALI, PADA TAHUN PELAJARAN 2009 – 2010

, SURIPTO (2009) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 1 GAGAKSIPAT, NGEMPLAK , BOYOLALI, PADA TAHUN PELAJARAN 2009 – 2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3526Kb)

    Abstract

    SURIPTO. X 8906533. PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V, SDN 1 GAGAKSIPAT, NGEMPLAK, BOYOLALI PADA TAHUN PELAJARAN 2009 – 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan Pendekatan Keterampilan Prosse dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas SDN 1 Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali. Dan bagaimana penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2009 di SDN 1 Gagaksipat, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali pada Tahun Pelajaran 2009-2010. Jumlah semua siswa di SDN 1 Gagaksipat adalah 213 siswa, sedangkan untuk Kelas V terdiri dari : Laki-laki 19 siswa, perempuan 18 siswa. Jumlah siswa kelas V adalah 37 siswa. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa : 1) Penerapan pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali. 2) Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses yang dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V adalah dengan langkah-langkah : Observasi, Prediksi, Hipotesis, Eksprimen, Perolehan dan Pemrosesan Data dan Komunikasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 844 not found.
    Date Deposited: 17 Jul 2013 00:25
    Last Modified: 17 Jul 2013 00:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5563

    Actions (login required)

    View Item