ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP MTA GEMOLONG TAHUN AJARAN 2008/2009

ROHANI, SITI (2009) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP MTA GEMOLONG TAHUN AJARAN 2008/2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (669Kb)

    Abstract

    Siti Rohani. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP MTA GEMOLONG TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal pokok bahasan garis singgung lingkaran, (2) menggolongkan tipe-tipe kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal pokok bahasan garis singgung lingkaran, (3) menemukan apa penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal pokok bahasan garis singgung lingkaran, (4) mengukur tingkat kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal pokok bahasan garis singgung lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan persentase. Penelitian ini bersifat kualitatif karena data yang dianalisis berupa data kualitatif yaitu berupa informasi kesalahan siswa, dan menggunakan persentase untuk menggambarkan jumlah siswa yang melakukan kesalahan sesuai dengan tipe kesalahan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode wawancara dan metode dukumentasi. Tes yang diberikan adalah tes uraian pada pokok bahasan garis singgung lingkaran. Tes dilakukan pada siswa kelas VIII semester genap SMP MTA Gemolong tahun ajaran 2008/2009, dengan banyak siswa yang mengikuti tes sebanyak 35 siswa. Pelaksanaan tes terhadap 35 siswa ini digunakan untuk mendapatkan informasi data yang digunakan untuk mengetahui tipe kesalahan yang dilakukan siswa, mencari persentase siswa yang melakukan kesalahan dari setiap aspek kesalahan yang dilakukan siswa. Penentuan subyek penelitian sebanyak 5 siswa dengan pertimbangan pemilihannya adalah siswa yang melakukan kesalahan dengan kesalahan yang bervariasi, kesalahan yang dilakukan mewakili kesalahan dari siswa yang lain dan kesalahan yang dilakukanmenarik untuk diteliti. Metode analisis data yang dilakukan adalah dengan menentukan persentase siswa yang melakukan kesalahan analisis jawaban siswa dan analisis wawancara. Berdasarkan hasil analisis data 5 siswa yang menjadi subyek penelitian dan perhitungan persentase siswa yang melakukan kesalahan terhadap 35 siswa kelas VIII E yang mengikuti tes diperoleh kesimpulan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pokok bahasan garis singgung lingkaran dapat dikelompokkan menjadi empat tipe kesalahan beserta penyebabnya, yaitu : (1) tipe kesalahan I yang merupakan tipe kesalahan pemahaman maksud soal, dengan persentase siswa yang melakukan kesalahan sebanyak 10,36% dari jumlah seluruh siswa kelas VIII E sebanyak 35 siswa, dengan kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh siswa adalah siswa salah dalam membuat sketsa gambar berdasarkan apa yang diketahui dalam soal dikarenakan siswa kurang teliti dalam membaca apa yang diketahui dalam soal, (2) tipe kesalahan II yang merupakan tipe kesalahan pemahaman konsep, dengan persentase siswa yang melakukan kesalahan sebanyak 35,36% dari jumlah seluruh siswa kelas VIII E sebanyak 35 siswa, dengan kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh siswa adalah siswa salah dalam menentukan langkah untuk menyelesaikan soal-soal tentang aplikasi dari pokok bahasan garis singgung lingkaran , (3) tipe kesalahan III yang merupakan tipe kesalahan penerapan rumus, dengan persentase siswa yang melakukan kesalahan sebanyak 25,24% dari jumlah seluruh siswa kelas VIII E sebanyak 35 siswa, dengan kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh siswa adalah siswa salah dalam menerapkan rumus pytaghoras untuk mencari panjang garis singgung lingkaran dikarenakan siswa lupa dalam menuliskan rumus pytaghoras, (4) tipe kesalahan IV yang merupakan tipe kesalahan proses perhitungan, dengan persentase siswa yang melakukan kesalahan sebanyak 16,79% dari jumlah seluruh siswa kelas VIII E sebanyak 35 siswa, dengan kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh siswa adalah siswa salah dalam menguraikan bentuk akar dikarenakan siswa tidak paham dalam menguraikan bentuk akar. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pokok bahasan garis singgung lingkaran yang paling banyak terjadi adalah pada tipe kesalahan II, yaitu tipe kesalahan pemahaman konsep. Hal ini dikarenakan siswa belum mempunyai gambaran tentang materi garis singgung lingkaran dalam skema pikirannya atau belum memahami dengan baik tentang materi garis singgung lingkaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Faisal Adhinata
    Date Deposited: 17 Jul 2013 00:16
    Last Modified: 17 Jul 2013 00:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5555

    Actions (login required)

    View Item