STRATEGI PENGEMBANGANUSAHA ABON DAGING SAPI DI KABUPATEN BOYOLALI( Kasus di Perusahaan “Diamond”, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali)

CHRISTIYANI, DWI PUTRI (2008) STRATEGI PENGEMBANGANUSAHA ABON DAGING SAPI DI KABUPATEN BOYOLALI( Kasus di Perusahaan “Diamond”, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (641Kb)

    Abstract

    DWI PUTRI CHRISTIYANI. H 0304066. 2008. “STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ABON DAGING SAPI DI KABUPATEN BOYOLALI (KASUS DI PERUSAHAAN “DIAMOND”, KECAMATAN AMPEL, KABUPATEN BOYOLALI” . DIBIMBING OLEH DR. IR. MOHAMAD HARISUDIN, MSI DAN ERLYNA WIDA RIPTANTI, SP. MP. FAKULTAS PERTANIAN. UNIVERSITAS SEBELAS MARET. SURAKARTA. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGANALISIS BESARNYA BIAYA, PENERIMAAN, DAN KEUNTUNGAN DALAM USAHA ABON, MENGIDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YAKNI PELUANG, ANCAMAN, KEKUATAN DAN KELEMAHAN, MENENTUKAN ALTERNATIF STRATEGI, DAN MENENTUKAN PRIORITAS STRATEGI YANG DAPAT DITERAPKAN OLEH PERUSAHAAN “DIAMOND”. METODE DASAR PENELITIAN INI ADALAH ADALAH METODE DESKRIPTIF DAN DILAKSANAKAN DENGAN TEKNIK STUDI KASUS. METODE PEMILIHAN LOKASI PENELITIAN DILAKUKAN SECARA PURPOSIVE, YAITU KABUPATEN BOYOLALI. TEKNIK PEMILIHAN SAMPEL SECARA SENGAJA (PURPOSIVE SAMPLING), YAITU PERUSAHAAN ABON “DIAMOND”. METODE ANALISIS YANG DIGUNAKAN ADALAH (1) ANALISIS BIAYA, PENERIMAAN, DAN KEUNTUNGAN, (2) MATRIKS IFE DAN EFE UNTUK MENGIDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PERUSAHAAN “DIAMOND”, (2) MATRIKS IE UNTUK MENGETAHUI POSISI PERUSAHAAN “DIAMOND”, (3) MATRIKS SWOT UNTUK ALTERNATIF STRATEGI PENGEMBANGAN PERUSAHAAN “DIAMOND”, DAN (4) MATRIKS QSP UNTUK MENENTUKAN PRIORITAS STRATEGI PERUSAHAAN “DIAMOND”. DARI HASIL PENELITIAN DIKETAHUI BAHWA (1) KEKUATAN INTERNAL UTAMA YANG DIMILIKI OLEH PERUSAHAAN “DIAMOND”ANTARA LAIN: A) PENGALAMAN PENGUSAHA DALAM USAHA PEMBUATAN ABON CUKUP LAMA, B) KAPASITAS PRODUKSI DAPAT MEMENUHI PERMINTAAN, SERTA C) DAYA SIMPAN PRODUK YANG TAHAN LAMA. SEDANGKAN KELEMAHAN UTAMANYA YAITU PROMOSI PRODUK YANG MASIH KURANG. PELUANG UTAMA : A) PANGSA PASAR YANG MASIH LUAS, B) ADANYA JAMINAN KONTINYUITAS BAHAN BAKU DARI PEMASOK, DAN C) KEPERCAYAAN PEMBELI TERHADAP PRODUK ABON CUKUP TINGGI. SEDANGKAN ANCAMAN UTAMANYA ADALAH KENAIKAN DAN FLUKTUASI HARGA INPUT BAHAN BAKU. (2) ANALISIS DENGAN MENGGUNAKAN MATRIKS IE (INTERNAL-EKSTERNAL) MEMPERLIHATKAN POSISI PERUSAHAAN ABON “DIAMOND” BERADA PADA SEL V YAITU PADA TAHAP PERTAHANKAN DAN PELIHARA (HOLD AND MAINTAIN). BERDASARKAN POSISI TERSEBUT STRATEGI YANG DAPAT DITERAPKAN ADALAH STRATEGI PENETRASI PASAR DAN PENGEMBANGAN PRODUK. (3) ANALISIS SWOT MENGHASILKAN FORMULASI STRATEGI YAITU A) MEMPERTAHANKAN DAN MEMPERLUAS JARINGAN PEMASARAN SERTA B) MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK MELALUI PENINGKATAN HIGIENITAS TEMPAT DAN PROSES PRODUKSI SERTA MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP KONSUMEN UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN C) MENINGKATKAN KUALITAS SDM DAN MEMPERBAIKI SISTEM MANAJEMEN MELALUI PROGRAM PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PERUSAHAAN SEHINGGA DAPAT MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK DAN PRODUKTIVITAS USAHA D) MENINGKATKAN DAN MEMPERKUAT PROMOSI LINGKUP LOKAL, REGIONAL, DAN NASIONAL MELALUI PEMANFAATAN KEMAJUAN DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI (MELALUI MEDIA CETAK, ELEKTRONIK, MAUPUN INTERNET) E) MEMPERLUAS DAERAH PEMASARAN F) DIVERSIFIKASI USAHA DENGAN MENAMBAH ALTERNATIF RASA ABON SEPERTI RASA PEDAS DAN GURIH DENGAN TETAP MEMPERTAHANKAN KUALITAS DAN SELERA KONSUMEN G) MEMBENTUK DAN MEMBERDAYAKAN ORGANISASI KHUSUS YANG MEWADAHI PERUSAHAAN PEMBUATAN ABON SERTA MENJALIN HUBUNGAN YANG BAIK DENGAN PEMERINTAH DAERAH DAN H) MENINGKATKAN DAN MEMPERKUAT PROMOSI DENGAN SERING MENGIKUTI PAMERAN YANG DIADAKAN PEMERINTAH DAERAH DAN MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN DENGAN RUTIN MENGIKUTI PENYULUHAN YANG DIADAKAN OLEH PEMERINTAH DAERAH MAUPUN PIHAK SWASTA LAIN. (4) BERDASARKAN ANALISIS MATRIKS QSP PRIORITAS STRATEGI YANG DAPAT DITERAPKAN PERUSAHAAN “DIAMOND” ADALAH : A) MENINGKATKAN DAN MEMPERKUAT PROMOSI LINGKUP LOKAL,REGIONAL,DAN NASIONAL MELALUI PEMANFAATAN KEMAJUAN DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI (MELALUI MEDIA CETAK, ELEKTRONIK, MAUPUN INTERNET), B) MENINGKATKAN DAN MEMPERKUAT PROMOSI DENGAN SERING MENGIKUTI PAMERAN YANG DIADAKAN PEMERINTAH DAERAH SERTA MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN DENGAN RUTIN MENGIKUTI PENYULUHAN YANG DIADAKAN OLEH PEMERINTAH DAERAH MAUPUN PIHAK SWASTA LAIN, C)MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK MELALUI PENINGKATAN HIGIENITAS TEMPAT DAN PROSES PRODUKSI SERTA MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP KONSUMEN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN, DAN D) MEMPERTAHANKAN DAN MEMPERLUAS JARINGAN PEMASARAN.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Afif Wandala
    Date Deposited: 22 Jul 2013 17:15
    Last Modified: 22 Jul 2013 17:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5552

    Actions (login required)

    View Item