PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MENARA HITUNG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS D3 SLB C YSSD SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

Mulyono, Rizki (2010) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MENARA HITUNG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS D3 SLB C YSSD SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2493Kb)

    Abstract

    Rizki Mulyono. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MENARA HITUNG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS D3 SLB C YSSD SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2010. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menguji ada tidaknya pengaruh penggunaan media Menara Hitung terhadap prestasi belajar matematika anak tunagrahita kelas D3 SLB C YSSD Surakarta.. 2) untuk mengetahui perbedaan nilai rata-rata prestasi belajar matematika anak tunagrahita kelas D3 SLB C YSSD Surakarta antara sebelum dan sesudah mendapat perlakuan dengan menggunakan media Menara Hitung. Sesuai dengan tujuan penelitian di atas maka metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian disini yaitu seluruh siswa kelas D3 SLB C YSSD Surakarta tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 6 orang anak. Jadi penelitian ini merupakan penelitian populasi (studi populasi). Teknik pengumpulan data prestasi belajar matematika anak tunagrahita dengan menggunakan tes tertulis dengan bentuk tes obyektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik non parametrik Sign Test Wilcoxon dikarenakan jumlah subyek penelitian < 30 dengan menggunakan bantuan SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh nilai dari Z hitung adalah -1.725 dengan probabilitas 0.084 yang memiliki arti Ho diterima pada taraf signifikansi 5% dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh positif penggunaan media Menara Hitung terhadap peningkatan prestasi belajar matematika anak tunagrahita ringan” tidak terbukti kebenarannya. Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Menara Hitung tidak berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar matematika anak tunagrahita ringan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Faisal Adhinata
    Date Deposited: 16 Jul 2013 23:42
    Last Modified: 16 Jul 2013 23:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5516

    Actions (login required)

    View Item