PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA SISWA KELAS V SD N BRUJUL 1 TAHUN AJARAN 2010/2011

RISTANTO, SETYADI (2011) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA SISWA KELAS V SD N BRUJUL 1 TAHUN AJARAN 2010/2011. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (3728Kb)

    Abstract

    ujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep Proklamasi Kemerdekaan Indonesia melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada siswa kelas V SD Negeri 1 Brujul tahun ajaran 2010/2011. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Brujul, Jaten, Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Sejumlah 24 siswa yang terdiri dari 11siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dapat meningkatkan pemahaman konsep Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Siswa Kelas V SD N Brujul 1 Tahun Ajaran 2010/2011. Peningkatan pemahaman konsep tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai pemahaman konsep siswa pada setiap tindakan. Rata rata nilai pemahaman konsep siswa sebelum tindakan yaitu 57,625, pada siklus I nilai rata rata pemahaman konsep siswa menjadi 69,9, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84. Sebelum dilaksanakan tindakan, siswa yang memperoleh nilai diatas 1 siswa (45.83%), pada siklus I meningkat menjadi 17 siswa (70,83%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 23 siswa (95,83%).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Ayu Purnama Sari
    Date Deposited: 16 Jul 2013 22:07
    Last Modified: 16 Jul 2013 22:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5459

    Actions (login required)

    View Item