Kegiatan komunikasi sebagai sarana humas untuk meningkatkan citra positif perusahaan di mata publik internal dan eksternal PT PLN (persero) distribusi Jawa Tengah Dan D.I.Yogyakarta

A.K.W.R.A, Raj. Siti Robi’ah (2006) Kegiatan komunikasi sebagai sarana humas untuk meningkatkan citra positif perusahaan di mata publik internal dan eksternal PT PLN (persero) distribusi Jawa Tengah Dan D.I.Yogyakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2389Kb)

    Abstract

    Dari pengalaman penulis selama melaksanakan KKM di PT. PLN (Distribusi) Jateng dan DIY, penulis secara otomatis mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jateng dan DIY untuk membangun citra positif perusahaan dimasyarakat bahwa PT. PLN (Persero) merupakan perusahaan yang mempunyai kepedulian sosial terhadap lingkungan kinerjanya.Kegiatan-kegitan tersebut antara lain : Sosialisasi tentang kelistrikan seperti; Hemat Listrik, Efisiensi Tenaga Listrik, dan diskusi tentang pedoman pelaksanaan komunikasi perusahaan PT. PLN (Persero). Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. Kegiatan Spiritual, Budaya, Olah raga (SBO) dll. 2. Seluruh kegiatan kehumasan PT. PLN (Persero) memiliki satu tujuan kehumasan yang paling penting yaitu menjaga citra positif perusahaan dimata publik internal maupun eksternal terutama pelanggan. Sejalan dengan itu, seluruh kegiatan kehumasan PT PLN (Persero) dilakukan dengan memperhatikan dimensi pelanggan sebagai publik eksternal yang paling utama bagi PT. PLN (Persero). 3. Kegiatan Kehumasan pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jateng dan DIY sudah terlaksana dengan baik. Kegiatan komunikasi disini sudah seimbang antara publik internal dan publik eksternal. Salah satu komunikasi eksternal misalnya tercermin dalam bentuk hubungan kerja sama yang terjalin baik antara humas dengan media massa. Adapun dalam pelaksanaan tugasnya, humas juga dibantu oleh bidangbidang lain sehingga ada kerja sama yang baik sebagai perwujudan dari efektifitas komunikasi internal. 4. PT. PLN (Persero) adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa, PT. PLN (Persero) tidak menghasilkan produk berupa benda.Salah satu kegiatan komunikasi eksternal adalah pensponsoran, maka bentuk yang diberikan bukan berupa produk PT. PLN (Persero) melainkan berupa kerjasama atau barter 67 80 maupun dukungan finansial. Pihak PT. PLN (Persero) memperoleh keuntungan publikasi. 5. Dalam pelaksanaan kegiatan komunikasi khususnya dengan pihak eksternal, tujuan akhir yang ingin dicapai humas PT. PLN (Persero) bukanlah popularitas perusahaan, melainkan ntuk membangun pemahaman dan pengertian publik tentang perusahaan dengan menunjukkan niat baik dan menciptakan suatu pemahaman di kalangan publik eksternal, yang secara langsung berdampak positif kepada citra perusahaan. Dengan melihat tujuan tersebut, maka kegiatan komunikasi ini dapat dikatakan telah berhasil.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Athiyah
    Date Deposited: 16 Jul 2013 19:19
    Last Modified: 16 Jul 2013 19:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5418

    Actions (login required)

    View Item