Potensi gel klorofil dari ekstrak daun eceng gondok (eichhornia crassipes (mart) solms.) dengan basis gel cincau hijau (cyclea barbata miers) sebagai adsorben gas beracun karbon monoksida (co)

Aru, Dewangga (2013) Potensi gel klorofil dari ekstrak daun eceng gondok (eichhornia crassipes (mart) solms.) dengan basis gel cincau hijau (cyclea barbata miers) sebagai adsorben gas beracun karbon monoksida (co). Other thesis, UNS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pencemaran udara dewasa ini sangat memprihatinkan. Gas-gas pencemar dari kendaraan bermotor seperti gas CO dapat membahayakan kesehatan manusia, sehingga upaya mitigasi pencemaran gas CO di udara sangat diperlukan. Berdasarkan kemiripan strukturnya dengan haemoglobin, klorofil dapat dimanfaatkan sebagai penyerap gas CO. Eceng gondok (Eichhornia crassipes (Mart) Solms.) adalah jenis tumbuhan gulma yang merusak lingkungan perairan, sehingga potensial untuk diekstrak dan dimanfaatkan klorofilnya sebagai bahan penyerap gas CO. Daun cincau hijau (Cyclea barbata Miers) mengandung pektin polisakarida dan mucin, memiliki kemampuan sebagai basis gel. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penyerapan gel klorofil dari ekstrak daun eceng gondok dengan basis gel cincau hijau terhadap gas CO, perbandingan komposisi dalam gel klorofil yang optimal menyerap gas CO, dan perubahan fisik yang terjadi pada gel klorofil setelah dipaparkan gas CO. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap satu faktor, yaitu gel klorofil dengan perbandingan ekstrak daun eceng gondok dengan pelarut aseton dan ekstrak daun cincau hijau dengan pelarut aquades sebanyak 300 ml, masing - masing A(0:10), B(1:9), C(2:8), dan D(3:7). Setiap perlakuan dengan 3 ulangan dipaparkan gas CO dan dilakukan pengukuran terhadap kadar klorofil setiap 60 detik. Hasil pengukuran dianalisis menggunakan uji laboratorium, dikomparasikan dengan Analysis of Variance untuk mengetahui signifikansi perbedaan antar perlakuan, uji lanjut menggunakan uji Duncan’s Multiple Range Test pada taraf uji 5% untuk mengetahui beda nyata diantara perlakuan, Paired Sample T-Test untuk mengetahui signifikansi perbedaan sebelum maupun sesudah perlakuan, dan dilakukan analisa regresi. Gel klorofil memiliki kemampuan penyerapan terhadap gas CO. Perbandingan komposisi gel yang optimal antara ekstrak daun eceng gondok dengan pelarut aseton : ekstrak daun cincau hijau dengan pelarut aquades dalam menyerap gas CO adalah 1:9. Tidak terjadi perubahan fisik pada gel klorofil. Kata kunci: Adsorpsi, cincau hijau, eceng gondok, gas CO, klorofil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Mr. admin admin
Date Deposited: 04 May 2013 16:09
Last Modified: 04 May 2013 16:09
URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item