PERANCANGAN GIJINKA SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESTINASI WISATA TAMAN HUTAN RAYA KGPAA MANGKUNAGORO I

W, JUSUP AGUNG SETYO (2018) PERANCANGAN GIJINKA SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESTINASI WISATA TAMAN HUTAN RAYA KGPAA MANGKUNAGORO I. Other thesis, UNS.

[img] PDF - Published Version
Download (244Kb)

    Abstract

    PERANCANGAN GIJINKA SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESTINASI WISATA TAMAN HUTAN RAYA KGPAA MANGKUNAGORO I Jusup Agung Setyo Wibowo 1 Drs. Bedjo Riyanto, M.Hum.2 Sayid Mataram S.Sn, M.Sn.3 ABSTRAK Jusup Agung Setyo Wibowo 2018. Pengantar karya Tugas Akhir ini berjudul Perancangan Gijinka Sebagai Media Promosi Destinasi Wisata Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagoro I. Latar belakang dalam perancangan ini yaitu tidak sebandingnya perkembangan fasilitas di Tahura Mangkunagoro I yang terus ditambahkan dengan jumlah promosi yang telah dilakukan. Akibat dari hal tersebut adalah fasilitas yang telah disediakan menjadi kurang berguna karena kurang tahunya masyarakat akan keberadaan tahura ini. Adapun permasalahan yang dikaji adalah : (1) Bagaimana cara mempromosikan Tahura Mangkunagoro agar dapat lebih dikenal masyarakat luas (2) Media apa saja yang dapat digunakan sebagai media promosi Tahura Mangkunagoro, dengan gijinka sebagai material utama. Tujuan dari perancangan adalah untuk mempromosikan dan mengenalkan Tahura kepada masyarakat dengan tujuan meningkatkan pengunjungnya dengan menggunakan poin keunikan gijinka sebagai penunjang dari media secara visual. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Untuk strategi kreatif, akan menggunakan keunikan dari gijinka seperti penggambaran digunakan dengan menggunakan gaya chibi, dan dipadukan dengan konsep kostum kasual modern agar lebih mudah dalam pembuatan variasinya nanti. Desain gijinka ini pada pengaplikasiannya dapat digunakan sebagai maskot tahura sebagai penarik pengunjung. Gijinka ini dapat dijadikan sebagai maskot bukan hanya karena unik dan baru tetapi dapat bertahan lama dan dapat dirubah secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan pemakaian. Dengan hal tersebut, pengunjung akan memiliki rasa ketertarikan untuk mengetahui, mengenal dan mengunjungi Tahura Mangkunagoro. Oleh karena itu, dengan perancangan promosi ini, diharapkan mampu membawa pengunjung dan makin mengembangkan Tahura ini dalam bidang wisata serta mempermudah tindak promosi untuk Tahura ini dalam jangka waktu yang panjang. 1Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual pada Universitas Sebelas Maret 2,3Dosen Pembimbing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Mr. admin admin
    Date Deposited: 04 May 2013 16:05
    Last Modified: 29 Nov 2018 14:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/537

    Actions (login required)

    View Item