PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS ATAS PERMAINAN BOLAVOLI (Studi Eksperimen Pendekatan Pembelajaran drill dan bermain Siswa Putra Kelas XI SMK Negeri 2 Karanganyar Tahun pelajaran 2010/2011)

Nugroho, Murdani Murih (2011) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS ATAS PERMAINAN BOLAVOLI (Studi Eksperimen Pendekatan Pembelajaran drill dan bermain Siswa Putra Kelas XI SMK Negeri 2 Karanganyar Tahun pelajaran 2010/2011). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1881Kb)

    Abstract

    Murdani Murih Nugroho.PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLAVOLI. (Studi Eksperimen pendekatan Pembelajaran drill dan bermain Siswa Putra Kelas XI SMK Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2011. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran drill dan bermain terhadap hasil belajar servis atas permainan bolavoli pada siswa putra kelas XI SMK Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. (2) Perbedaan pengaruh antara koordinasi mata-tangan tinggi dan koordinasi mata-tangan rendah terhadap kemampuan servis atas permainan bolavoli pada siswa putra kelas XI SMK Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. (3) Pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran (drill dan bermain) dan koordinasi mata-tangan terhadap hasil servis atas permainan bolavoli pada siswa putra kelas XI SMK Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas XI SMK Negeri 2 Karangayar tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 219 siswa yang terbagi menjadi 12 kelas. Kemudian per kelas diambil 25% dari besarnya populasi, dan diperoleh sampel 60 siswa secara random sampling. Selanjutnya diambil sampel sebanyak 40 siswa dengan teknik purposive random sampling, dengan cara yaitu langkah pertama perolehan sampel berjumlah 60 siswa selanjutnya dites koordinasi mata-tangan menjadi 40 siswa, sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi dan koordinasi mata-tangan rendah, yaitu 20 siswa dengan kategori mata-tangan tinggi dan 20 siswa dengan kategori mata-tangan rendah. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Untuk mengukur koordinasi mata-tangan dengan lempar tangkap bola tenis dan tes kemampuan servis atas permainan bolavoli. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava 2 X 2 dan uji lanjut Newman Keuls. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagi berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran drill dan bermain terhadap hasil belajar servis atas Permainan bolavoli pada siswa putra kelas XI SMK Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Dari hasil analisis data menunjukkan Fo = 10.5420 > Ft 4.11. (2) Ada perbedaan pengaruh antara koordinasi mata-tangan tinggi dan koordinasi mata-tangan rendah terhadap hasil belajar servis atas pemainan bolavoli pada siswa putra kelas XI SMK Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Dari hasil analisis data menunjukkan Fo = 4.9456 > Ft 4.11. (3) Ada perbedaan pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan koordinasi mata-tangan terhadap hasil belajar servis atas permainan bolavoli pada siswa putra kelas XI SMK Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa Fhitung = 5.5569 > Ftabel = 4.11.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 16 Jul 2013 17:51
    Last Modified: 16 Jul 2013 17:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5346

    Actions (login required)

    View Item