Studi komparasi hasil belajar antara metode quantum teaching dan ceramah tanya jawab dalam pembelajaran IPS terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 1 Cepogo tahun ajaran 2008/2009

Rohsulina, Pranichayudha (2008) Studi komparasi hasil belajar antara metode quantum teaching dan ceramah tanya jawab dalam pembelajaran IPS terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 1 Cepogo tahun ajaran 2008/2009. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2437Kb)

    Abstract

    Pranichayudha Rohsulina. S 880907010 “Studi Komparasi Hasil Belajar Antara Metode Quantum Teaching Dan Ceramah Tanya Jawab Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Cepogo Tahun Ajaran 2008/2009 ”. Tesis, Surakarta: Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2008. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara metode pembelajaran Quantum Teaching dan metode pembelajaran Ceramah Tanya Jawab dalam pembelajaran IPS terpadu, serta untuk mengetahui metode pembelajaran yang lebih baik antara metode pembelajaran Quantum Teaching dan metode pembelajaran Ceramah Tanya Jawab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Rancangan penelitian Mached Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Cepogo tahun ajaran 2008/2009, sejumlah 238 siswa yang terbagi menjadi 6 kelas. Pengambilan sampel didasarkan pada undian (simple random sampling). Sampel yang terpilih adalah kelas VIIIA, VIIIB dan VIIIC. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes dengan soal obyektif pilihan ganda sebanyak 26 soal dengan 4 alternatif pilihan jawaban (a/b/c/d). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode Quantum Teaching dengan metode Ceramah Tanya Jawab dalam pembelajaran IPS terpadu dengan hasil uji t (thit > ttab = 3,48 > 1,67) pada taraf signifikansi sebesar 5%. Kesimpulan dari uji tersebut adalah bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan, metode mengajar Quantum Teaching dengan rata-rata sebesar 7,73 adalah lebih baik dibandingkan dengan metode Ceramah Tanya Jawab dengan rata-rata sebesar 7,00 dalam pembelajaran IPS terpadu.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: Users 837 not found.
    Date Deposited: 16 Jul 2013 17:18
    Last Modified: 16 Jul 2013 17:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5329

    Actions (login required)

    View Item