Hubungan persepsi mahasiswa tentang metode pembelajaran dan penguasaan materi dosen dengan prestasi belajar mahasiswa prodi D III Kebidanan Universitas Tulungagung

Mudayati, Hanik (2008) Hubungan persepsi mahasiswa tentang metode pembelajaran dan penguasaan materi dosen dengan prestasi belajar mahasiswa prodi D III Kebidanan Universitas Tulungagung. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (346Kb)

    Abstract

    Hanik Mudayati, S540907125. 2008. Hubungan Persepsi Mahasiwa Tentang Metode Pembelajaran Dan Penguasaan Materi Dosen Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Universitas Tulungagung. Tesis : Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Menghadapi tuntutan kebutuhan dan globalisasi dibutuhkan tenaga bidan yang kompeten dalam memberikan pelayanan kebidanan.Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan institusi pendidikan kebidanan yang mampu menyelenggarakan proses pembelajaran yang tepat agar mahasiswa memperoleh prestasi belajar yang optimal. Banyaknya jumlah mahasiswa yang gagal disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: faktor mahasiswa, faktor organisasi, faktor dosen dan faktor lingkungan. Hal ini menimbulkan keprihatinan bagi pengelola pendidikan, apakah mahasiswanya kurang motivasi untuk belajar atau dosennya kurang mampu menyampaikan materi secara tepat dan kurang mampu menguasai materi dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan metode pembelajaran dan penguasaan materi dosen dengan prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mengambil lokasi di Tulungagung. Desain penelitian yang digunakan adalah crossectional. Sampel menggunakan total sampling yaitu seluruh mahasiswa DIII Kebidanan tingkat II semester genap sejumlah 40. Pengolahan data menggunakan tehnik analisis Chi Square dan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan Metode Pembelajaran mempunyai hubungan yang bermakna dengan prestasi belajar mahasiswa sebesar 0,026. Penguasaan Materi Dosen mempunyai hubungan yang bermakna dengan prestasi belajar mahasiswa sebesar 0.362. Untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran dan penguasaan materi dosen mempengaruhi nilai Indeks Prestasi sebesar 74,3%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlu dilakukan penyuluhan terhadap keseluruhan dosen pengajar mengenai pentingnya penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan persiapan materi yang baik sehingga bisa menaikkan rata-rata nilai Indeks Prestasi mahasiswa. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Penguasaan Materi Dosen dan Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    L Education > L Education (General)
    R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Athiyah
    Date Deposited: 16 Jul 2013 17:07
    Last Modified: 16 Jul 2013 17:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5326

    Actions (login required)

    View Item