PENERAPAN TEKNIK KOREKSI TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS X AP 2 SMK MURNI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009 (Penelitian Tindakan Kelas)

Suryani, (2009) PENERAPAN TEKNIK KOREKSI TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS X AP 2 SMK MURNI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009 (Penelitian Tindakan Kelas). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1594Kb)

    Abstract

    Suryani. K1205039. PENERAPAN TEKNIK KOREKSI TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS X AP 2 SMK MURNI 2 SURAKARTA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, April 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis karangan pada siswa kelas X AP 2 SMK Murni 2 Surakarta; (2) meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis karangan pada siswa kelas X AP 2 SMK Murni 2 Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2008/2009, mulai Desember 2008 sampai dengan April 2009. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian ini meliputi: peristiwa proses pembelajaran menulis karangan, informan, serta dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes unjuk kerja, serta analisis dokumen. Untuk menguji validitas data peneliti menggunakan teknik trianggulasi, yakni trianggulasi sumber data, triangulasi metode, serta revieu informan. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis interaktif berdasarkan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. proses penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 tahapan dalam setiap siklus, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, serta analisis dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah: (1) peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis karangan pada siswa kelas X AP 2 SMK Murni 2 Surakarta. Peningkatan kualitas proses tersebut ditandai dengan: (a) peningkatan keaktifan siswa selama pembelajaran; (b) peningkatan perhatian dan konsentrasi siswa selama pembelajaran; dan (c) peningkatan minat dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. (2) peningkatan kualitas hasil pembelajaran menulis karangan pada siswa kelas X AP 2 SMK Murni 2 Surakarta. Peningkatan kualitas hasil tersebut ditandai dengan: (a) peningkatan dalam pengungkapan pendapat/isi pada karangan siswa; (b) peningkatan dalam pengorganisasian paragraf/organisasi isi; (c) peningkatan dalam pemanfaatan potensi kata/kosakata; (d) peningkatan dalam pengembangan bahasa/struktur kalimat; (e) peningkatan dalam aspek mekanik/ejaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Athiyah
    Date Deposited: 16 Jul 2013 16:27
    Last Modified: 16 Jul 2013 16:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5317

    Actions (login required)

    View Item