Pengaruh Ukuran Serbuk Aren Terhadap Kekuatan Bending, Densitas Dan Hambatan Panas Komposit Semen-Serbuk Aren (Arenga Pinnata)

Mujtahid, Mujtahid (2010) Pengaruh Ukuran Serbuk Aren Terhadap Kekuatan Bending, Densitas Dan Hambatan Panas Komposit Semen-Serbuk Aren (Arenga Pinnata). Other thesis, uns.

[img] PDF
Download (1265Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh variasi ukuran serbuk aren terhadap nilai kekuatan bending, densitas dan hambatan panas dari komposit semen-serbuk aren. Komposit tersusun dari serbuk aren sebagai filler/penguat dan semen portland sebagai matrik serta CaCl2 sebagai bahan aditif. Serbuk aren yang digunakan adalah serbuk dengan diameter 0,18; 0,25; 0,42 dan 0,84 mm. Komposit dibuat dengan mencampur semen dengan serbuk aren dan melarutkan CaCl2 dengan air destilasi, kemudian dicampur jadi satu. Campuran dituang dalam cetakan dan ditekan dengan tekanan 88 kg/cm2 selama 10 menit. Komposit dilepas dari cetakan dan didiamkan pada udara terbuka selama ± 7 hari dan kemudian dioven pada suhu 50 oC sampai kandungan airnya mencapai 10-15%. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kekuatan bending dan densitas menurun seiring meningkatnya ukuran serbuk aren. Hambatan panas meningkat seiring meningkatnya ukuran serbuk aren. Kekuatan bending (12,27 MPa) dan densitas (1,52 gr/cm3) tertinggi diperoleh pada komposit dengan ukuran serbuk aren 0,18 mm. Hambatan panas tertinggi (11,97 oC/W) diperoleh pada komposit dengan ukuran serbuk aren 0,84 mm. Berdasar pada pengamatan foto hasil Scanning Electron Microscope terlihat bahwa komposit dengan serbuk aren ukuran serbuk 0,18 mm mempunyai ikatan serat dan matrik yang lebih baik dibanding dengan komposit dengan ukuran serbuk aren 0,84 mm

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TP Chemical technology
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Unnamed user with username oyis
    Date Deposited: 24 Nov 2010 21:54
    Last Modified: 24 Nov 2010 21:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/53

    Actions (login required)

    View Item