PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TENTANG SUSUNAN PEMERINTAHAN PUSAT MATA PELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SDN 02 JATI JATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011

Santi, Sein Canggah Faudilah (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TENTANG SUSUNAN PEMERINTAHAN PUSAT MATA PELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SDN 02 JATI JATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1008Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan pemahaman konsep tentang susunan pemerintahan pusat pada pelajaran PKn bagi siswa kelas IV SD N 02 Jati, Jaten, Karanganyar melalui penerapan model kooperatif tipe jigsaw. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Jati tahun ajaran 2010/2011. Sejumlah 31 siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 14 siswa laki – laki. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan pemahaman konsep susunan pemerinahan pusat pada siswa kelas IV SDN 02 Jati Jaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/ 2011. Peningkatan pemahaman konsep tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai pemahaman konsep siswa pada setiap tindakan. Rata – rata nilai pemahaman konsep siswa sebelum tindakan yaitu 59,9, pada siklus I nilai rata – rata pemahaman konsep siswa menjadi 70,5, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 75,2. Sebelum dilaksanakan tindakan, siswa yang memperoleh nilai diatas KKM ( ≥60) hanya sebanyak 14 siswa (45%), pada siklus I meningkat menjadi 26 siswa (84%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 30 siswa (97%).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 16 Jul 2013 04:19
    Last Modified: 16 Jul 2013 04:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5244

    Actions (login required)

    View Item