PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DISERTAI STRATEGI QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

MARGOWATI, DANIK (2009) PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DISERTAI STRATEGI QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (431Kb)

    Abstract

    Danik Margowati, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DISERTAI STRATEGI QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI(Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan model pembelajaran kolaboratif disertai strategi Quantum Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)yang dimulai dengan identifikasi permasalahan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi,dan evaluasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008. Data diperoleh dari kajian dokumen, observasi, wawancara, angket, lembar observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode yaitu angket, observasi, dan tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kolaboratifdisertaistrategi Quantum Learningdapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Hasil belajar yang dimaksud meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Peningkatan hasil belajar diukur dari nilai kemampuan awal, tes evaluasi siklus 1, dan tes evaluasi siklus 2. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada tes kemampuan awal adalah 55%, siklus 1 76,32%, dan siklus 2 97,5%. Presentase hasil belajar ranah afektif pada tes kemampuan awal sebesar 43,27%, siklus 1 sebesar 59,68%, dan siklus 2 sebesar 75,03%. Presentase hasil belajar ranah psikomotor tes kemampuan awal sebesar 49,76%, siklus 1 sebesar 6,73, dan siklus 2 sebesar 86,73%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Users 844 not found.
    Date Deposited: 16 Jul 2013 03:32
    Last Modified: 16 Jul 2013 03:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5236

    Actions (login required)

    View Item