”TERPAAN IKLAN PRODUK AXE TERHADAP TANGGAPAN KHALAYAK”

Nuriqli, Putra Qomalludin Attar (2010) ”TERPAAN IKLAN PRODUK AXE TERHADAP TANGGAPAN KHALAYAK”. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (721Kb)

    Abstract

    Putra Qomalludin Attar Nuriqli, D1206622,”TERPAAN IKLAN PRODUK AXE TERHADAP TANGGAPAN KHALAYAK” (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Terpaan Iklan Televisi Produk Axe di TRANS TV Terhadap Minat Beli Pria Metroseksual di Komunitas Klub Mobil Option Yogyakarta Angkatan 8 dan 9) Skripsi, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, 110 halaman, 2010. Keberadaan pria metroseksual telah menciptakan segment baru dalam dunia bisnis dan industri, sangat menarik untuk dikaji. Iklan-iklan yang khusus telah menjadikan mereka sebagai target market lagi mengenai produk-produk khusus pria yang berkaitan dengan tubuh dan penampilan fisik. Deodorant Axe mengerti bahwa wewangian dalam hal ini merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pria metroseksual. Karakter dan ciri khas Axe sebagai lifestyle brand yang inovatif, dapat membuat brand Axe menjadi sebuah brand yang unik dan disukai oleh pemakainya. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah anggota komunitas klub mobil Option Yogyakarta. Kita ketahui sebuah klub mobil, berasal dari kalangan menengah ke atas dengan kebutuhan berbeda. Banyak indikasi kehidupan pria metroseksual, baik dalam pengimbangan status sosial dan barang bawaan pendukung yang disandangnya yakni mobil mahal atau mobil yang telah dimodifikasi. Termasuk parfum atau wewangian, menjadi pendamping di pergaulan mereka, untuk tampil percaya diri dan tidak ragu untuk dekat satu sama lain, juga pemikat lawan jenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan terpaan Iklan di TRANS TV terhadap minat beli produk deodorant Axe pada komunitas pria metroseksual di komunitas klub mobil Option Yogyakarta Angkatan 8 dan 9. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai terpaan Iklan produk deodorant Axe di TRANS TV dan minat beli komunitas pria metroseksual di komunitas klub mobil Option Yogyakarta Angkatan 8 dan 9. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dan bersifat kuantitatif, dengan sampel anggota komunitas klub mobil Option Yogyakarta angkatan 8 dan 9 dengan jumlah 64 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket (kuesioner) tertutup dengan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis korelasi spearman. Hasil analisis frekuensi dan persentase menunjukkan bahwa sebagian besar responden yakni para pria metroseksual di Komunitas Klub Mobil Option Platinum Yogyakarta angkatan 8 dan 9 termasuk pada terpaan iklan pada kategori sedang yakni sebanyak 36 responden (56,3%), serta memiliki minat beli dengan kategori sedang yakni sebanyak 36 responden (56,3%). Berdasarkan analisis korelasi Spearman, dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan (t hitung 3,655 > t tabel 1,990) antara variabel terpaan iklan produk deodorant Axe di TransTV dengan minat beli pada produk deodorant Axe di kalangan komunitas pria metroseksual di komunitas klub mobil Option Yogyakarta dengan hubungan yang dapat dikatakan cukup berarti (r=0,421).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    P Language and Literature > PN Literature (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Users 844 not found.
    Date Deposited: 16 Jul 2013 03:28
    Last Modified: 16 Jul 2013 03:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5235

    Actions (login required)

    View Item